AMBON, Siwalimanews – Menindaklanjuti laporan masyarakat yang mengatakan kalau perbaikan bangunan miliki Rumah Sakit Angkatan Laut dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon menyebabkan penyumbatan pada drainase milik warga sekitar.

Akibat dari penyumbatan pada 6 Maret lalu ketika terjadi hujan, sejumlah rumah di kawasan samping Rumah Sakit Angkatan Laut dr. F.X. Suhardjo terendam banjir yang meluap dari saluran drainase yang tersumbat.

Tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kemudian diterjunkan ke lokasi dan memastikan kalau penyumbatan pada saluran drainase bukan diakibatkan dari perbaikan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit tetapi karena tumpukan sampah didalam saluran air.

“Kita dapat laporan dan kita sudah tindaklanjut, sejumlah warga yang terdampak banjir kita mintai keterangan, dan mereka sendiri mengaku kalau penyumbatan saluran drainase itu karena sampah seperti gelas air mineral dan lainnya. Bukan akibat pembangunan yang dilakukan pihak rumah sakit,” jelas kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Roy Siauta kepada wartawan di kantornya, Senin (15/3).

Menurutnya dalam saluran drainase sampah yang tidak terangkut telah membatu yang menyumbat pergerakan air ketika terjadi hujan lebat.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Stok Sembako Aman

“Memang kalau warga sekitar terendam karena memang saluran drainasenya sudah tersumbat, olehnya kita nanti akan koordinasikan dengan pemkot ambon untuk segera dibersihkan,” janjinya. (S-39)