AMBON, Siwalimanews – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dipolairud) Polda Maluku bersama Baharkam Polri melngevakuasi dua ABK  KM Terang II yang tenggelam di perairan Laut Banda.

Pelaksanaan kegiatan pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap KM Terang II yg tenggelam itu bersumber dari informasi salahs atu masyarakat atas nama Fitri Arode S, yang melaporkan kejadian kecelakaan kapal tersebut pada (8/5).

“Setelah menerima laporan dari masyarakat, Ditpolairud Polda Maluku mengerahkan kapal patroli KP XVI-2013 dan KP Wibisana 7013 untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap kapal naas itu,” ungkap Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Harun Rasyid dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (9/5).

Ditpolairud dan Baharkam Polri bersama TIM SAR lainnya yang melaksanakan pencarian berhasil menyelamatkan dan mengevakuasi dua orang korban tersebut yakni Bahari Basiman dan Andrean Basiman.

“Sementara satu ABK lainnya atas nama Arifin Arodese (30) warga Desa Rajawali Banda Naira ini masih dalam pencarian,” ungkapnya.

Dengan pertimbangan situasi cuaca hujan yang tidak hentinya dan gelombang yang mencapai 1,5-3 meter, maka untuk sementara pencarian 1 ABK ini, sementara dihentikan dan akan dilanjutkan lagi.

Untuk diketahui, KM Terang II berangkat dari Banda pada Kamis (7/5) tujuan ke Tulehu sekitar pukul 16.00 WIT dengan 3 ABK. Kapal itu bermuatan ikan sebanyak 1,2 ton.

Saat keberangkatan di laut banda cuaca buruk dimana kapal dihantam gelombang besar disertai angin kencang sehingga menyebabkan kapal terbalik dan tenggelam.

Ketika tenggelam ketiga ABK ini menyelamatkan diri dengan berenang, dua orang selamat selamat, sementara satu ABK belum ditemukan.  (S-32)