AMBON, Siwalimanews –  Rumah milik Keluarga Berty Diaz yang terletak di Jalan Dr Malaihollo, Kelurahan Benteng, tepatnya di lingkungan RT001/05, Kecamatan Nusaniwe, ludes terbakar, Rabu (18/5) dini hari.

Penyebab kebakaran diduga diakibatkan arus listrik pada salah satu ruangan rumah tersebut, yang sementara kosong ditinggal pergi oleh pemiliknya.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Moyo Utomo kepada wartawan menjelaskan, kebakaraan terjadi saat penghuni rumah sementara berada di Jakarta.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh pedagang ayam lalapan Murty (42), saat itu saksi yang sementara berada depan warung miliknya yang berjarak kurang lebih 20 meter dari rumah yang terbakar.

Tiba-tiba saksi melihat adanya kobaran api kecil dan percikan api yang keluar  dari atap rumah tersebut. Menyadari api mulai membesar, saksi langsung meminta tolong warga sekitar.

Baca Juga: KPK Sita 1 Kopor Dokumen dari Rumah Dinas Walikota

“Untuk memastikannya saksi langsung mendekati rumah tersebut dan ternyata benar api sudah mulai membesar sehingga saksi memanggil warga sekitar untuk memberitahukan kejadian tersebut,” jelas Utomo.

Warga yang melihat api membesar kemudian melapor ke Pos Polisi Benteng, selanjutnya personel Pos Benteng menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Kota Ambon.

Tak lama berselang personel Polsek Nusaniwe beserta 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP dan langsung bersama warga memadamkan kobaran api.

“Kurang lebih 1 jam, api akhirnya berhasil di padamkan,” ucap Utomo.

Dalam peristiwa kebakaran ini kata Utomo, tidak ada korban jiwa, mengingat kondisi rumah ini sementara kosong ditinggal pergi pemiliknya. Namun, kerugian yang dialami hanya berupa kerugian materil .

“Korban jiwa tidak ada, karena posisi pemilik runah sementara di luar kota, kerugian hanya materil berupa satu unit rumah beserta isinya. Untuk penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek atau kosleting yang terjadi dibagian plafon rumah,” jelas Utomo. (S-10)