AMBON, Siwalimanews – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku mengusulkan anggaran sebesar Rp8.4 miliar untuk pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Maluku tahun 2022.

Usulan ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Sandi Wattimena kepada Komisi IV DPRD Maluku dalam rapat kerja bersama yang berlangsung di ruang rapat komisi, Jumat (7/10).

Merespon usulan tersebut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Rovik Akbar Afifuddin memastikan, komisi akan melakukan pembahasan terlebih dahulu, sebelum ditindaklanjuti ke Badan Anggaran DPRD.

“Usulannya Rp8.4 miliar sudah disampaikan Dispora, nanti kita bahas dulu sebelum ke badan anggaran saat pembahasan APBD perubahan, sebab kita belum juga dapat RAPBD Perubahan tahun 2022,” ujar Rovik.

Bahkan Komisi IV kata Rovik, belum dapat memastikan, apakah usulan tersebut seluruhnya disetujui oleh badan anggaran DPRD atau tidak, sebab harus dilihat peruntukan dan kebutuhan yang menyebabkan permintaan anggaran sebesar itu.

Baca Juga: November, Hukurila Gelar Festival Sontong

Jika nantinya DPRD hanya menyetujui sebesar Rp8 miliar, maka anggaran tersebut harus diarahkan pada program dan kegiatan yang berkaitan langsung dengan penyelenggaraan Popmal, bukannya kegiatan serimonial saja.

“Berapapun anggaran yang disetujui harus benar-benar untuk acara inti, misalnya cabor, perbaikan venue pertandingan, dan bukan untuk seremonial pembukaan dan penutupan, karena ini tidak ada artinya,” tegas Rovik.

Rovik juga mengingatkan KONI Maluku untuk mempersiapkan perhelatan Popmal secara matang, termasuk aspek keamanan yang akhir-akhir ini menjadi persoalan di dunia olahraga Indonesia, sehingga prestasi olahraga Maluku dapat berkembang lebih maju. (S-20)