NAMROLE,  Siwalimanews – Satgas Gugus Tugas (Gustu) Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) kembali melakukan pe­nyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga yang ada di Desa Fatmite dan Desa Lektama, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel, Rabu (15/04).

Penyemprotan cairan disinfektan untuk mengantisipasi wabah Covid-19 ini dila­kukan pada pagi hari dan melibatkkan unsur-unsur Gustu yakni, anggota Polres Pulau Buru, anggota Kodim persiapan Bursel, anggota Polsek Namrole, Pegawai BPBN Bursel, Petugas Kesehatan, dan Anggota Satpol PP.

Wakil Ketua Gustu Percepatan Pena­nganan Covid-19 Kabupaten Bursel, Kompol Bahcri Hehanussa mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga ini merupakan langkah-langkah yang diambil Gustu untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bursel.

“Penyemprotan cairan disinfektan di Desa Fatmite dan Lektama ini melibatkan 30 personil gabungan TNI/Polri dan pemda setempat. Ini bagian dari program kami untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Bursel,” kata Bahcri kepada wartawan di selah-selah kegiatan penyemprotan.

Selain melakukan kegiatan penyem­protan, Wakapolres Pulau Buru ini me­nyampaikan ada pula kegiatan untuk memberi pemahaman kepada masyara­kat tentang cara mencegah Covid-19 seperti sosialisasi dan himbauan-himbauan yang akan terus dilakukan oleh satgas Gustu.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Ribuan Karyawan Dirumahkan

Disamping itu, Ia mengaku akan ada juga sejumlah kegiatan yang akan diterapkan di 10 pos pintu masuk ke Kabupaten Bursel untuk mempertegas serta melarang supaya tidak ada orang yang masuk ke Bursel.

“Di 10 pintu masuk, kami akan mem­pertegas untuk tidak menerima orang masuk kecuali logistik yang bisa masuk ke Kabupaten Bursel,” ucapnya.

Ia menambahkan, sasaran untuk pe­nyemprotan disinfektan di Kota Namrole meliputi seluruh desa yang ada di keca­matan tersebut, sebab untuk memutus rantai penyebaran Vocid-19 maka semua desa yang ada harus di semprot.

“Kita akan melakukan penyemprotan secara menyeluruh di semua desa sehing­ga desa yang ada di kecamatan Namrole bisa tersentuh oleh penyemprotan cairan disinfektan. Bukan hanya itu kami juga akan melakukan penyemprotan di beberapa desa di Bursel yang telah melakukan isolasi mandiri. Jadi bertahap kami akan lakukan di seluruh desa yang ada di kabupaten ini,” katanya. (S-35)