AMBON, Siwalimanews – Dinas Perhubungan Maluku menyerahkan lima unit bus untuk dikelola Perusahaan Daerah Panca Karya. Lima unit bus yang diserahkan tersebut masing-masing tiga unit bus perintis dan dua unit bus sekolah. Bus tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Penyerahan bus ini sendiri diserahkan langsung Kadis Perhubungan Maluku M Ali Malawat dan diterima Plt Direktur PD Panca Karya Rusdi Ambon, yang ditandai dengan penyerahan dokumen kendaraan, di ruang rapat perusahaan ini, Selasa (22/9).

Kadis Perhubungan disela-sela penyerahan itu mengaku, semenjak ditunjuk memimpin Perhubungan Maluku, dirinya melihat ada beberapa kendaraan yang tidak beroperasi.

“Ternyata kita tidak punya koperasi untuk mengelola bus-bus ini, setelah dikonsultasi dengan pemprov, bus ini kita serahkan ke Panca Karya untuk mengelolanya,” ujar Malawat.

Dirinya menjelaskan selama ini bus perintis hanya digunakan untuk Dinas Pemuda dan Olahraga melakukan kegiatan setelah itu tidak lagi digunakan.

Baca Juga: Hari Ini, Pasar Mardika

“Jadi dengan diserahkan kami berharap bisa dapat dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat di maluku,” kata Malawat.

Sementara itu, Plt Dirut Panca Karya Rusdi Ambon mengapre­siasi penyerahan lima unit bus untuk dikelola oleh pihaknya.

“Saya mengapresiasi penyerahan lima armada ini dengan tujuan untuk melayani publik,” ujar Rusdi.

Kedepan katanya, Panca Karya berencana untuk mengoperasikan bus sekolah secara gratis. “Rencana kedepan kita, siswa yang berseragam akan naik bus sekolah secara gratis,” ujarnya.

Rencannya kata Rusdi bus-bus dimaksud akan digunakan melayani masyarakat di Pulau Ambon.

Rute bus perintis kata Rusdi, hanya di Pulau Ambon saja sedangkan untuk bus sekolah lagi dicari lokasi mana yang bisa di operasikan untuk mengangkut siswa yang berseragam kesekolah dengan gratis. “Ini yang akan kita buat kedepan,” tandasnya. (S-39)