AMBON, Siwalimanews – Dinas Perhubungan Provinsi Maluku meminta pihak Pertamina untuk mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak selama pelaksanaan mudik lebaran tahun 2022.

Permintaan ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhamad Malawat kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (6/4) merespon hasil rapat koordinasi persiapan mudik lebaran.

Sejak awal April lalu kata Malawat, Dinas Perhubungan Maluku telah melakukan rapat koordinasi persiapan mudik bersama stakeholder, seperti BMKG, Basarnas, Pelindo, KSOP, AngkasaPura maupun dengan Dishub kabupaten dan kota.

Salah satu permalasahan yang dibahas dalam rapat tersebut menurut Malawat, berkaitan dengan ketersediaan BBM, baik bagi angkutan darat, laut maupun udara.

“Kita cek kesiapan mulai dari personel hingga sarana dan prasarana penunjang untuk mengamankan pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2022 dan yang menjadi persoalan mengenai kesiapan BBM,” ungkap Malawat.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok Pertalite di SPBU Aman

Menurutnya, ketersediaan BBM dalam berbagai jenis memang sangat penting, guna memastikan pelaksanaan mudik dapat berjalan dengan baik, dan tidak ada halangan apapun yang berpotensi mengganggu jalannya mudik nanti.

Apalagi saat ini harga BBM tengah menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah masyarakat, sehingga sebelum mudik Dishub terlebih dahulu mengingatkan Pertamina.

Karena itu, Dishub akan menyurati pihak Pertamina dalam rangka memastikan BBM tetap tersedia dalam jumlah yang cukup, agar mudik lebaran dapat berjalan dengan lancar.

“Kami segera siapkan surat ke Pertamina dalam rangka ketersediaan BBM selama lebaran, agar lebaran ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya. (S-20)