AMBON, Siwalimanews – Dinas Kesehatan Kota Ambon diminta untuk sigap serta memaksimalkan penanganan terhadap kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang trendnya mulai meningkat belakangan ini.

“Kami minta Dinkes harus maksimal dalam melakukan penanganan, baik itu pelayanan  di rumah sakit maupun puskesmas,” tandas anggota Komisi I DPRD Kota Ambon Swenly Hursepuny kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (10/5).

Menurutnya, Komisi I akan terus melakukan pengawasan terhadap penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti yang meningkat secara signifikan di Kota Ambon.

“Kami ingin juga masyarakat bisa rutin melakukan pengecekan di halaman rumah masing-masing, kalau ditemukan kaleng bekas, dan bak mandi, maka wajib dikuras airnya, agar tidak menyebabkan munculnya jentik nyamuk,” himbaunya.

Lebih lanjut Hursepuny minta kepada para petugas kesehatan, juga harus gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar bersama-sama mencegah sejak dini penyebaran DBD.

Baca Juga: Komisi IV Awasi Pembayaran Honor Guru Penugasan

Selain itu, ia juga minta pada ketua komisi yang membidangi terkait kesehatan untuk berkoordinasi dengan pihak Dinkes agar bersama-sama melakukan penanganan pada masyarakat.

“Pandemi Covid-19 masih belum selesai, namun paling tidak bisa diminimalisir kasus DBD, agar tidak bertambah banyak korban lagi di masyarakat,” harapnya. (S-51)