AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengingatkan Dinas Kesehatan untuk jamin ketersediaan cartridge PCR.

“Dengan kondisi lonjakan kasus yang terjadi, kita ingatkan Dinas Kesehatan untuk memastikan kebutuhan cartridge untuk pemeriksaan PCR itu tersedia dengan baik,” pinta Sairdekut kepada Siwalimanews, Kamis (15/7) menanggapi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terjadi dua pekan terakhir ini di Maluku.

Menurutnya, pada rapat beberapa waktu lalu bersama Dinas Kesehatan, memang diakui kebutuhan akan cartridge menjadi masalah yang cukup mendasar dalam memastikan kecepatan dari pemeriksaan PCR bagi masyarakat Maluku.

Dengan adanya persoalan ini, maka Dinas Kesehatan sebagai leading sector dalam penanganan Covid-19 perlu memperhatikan ketersediaan cartridge yang menjadi kebutuhan utama dari penanganan Covid-19.

“Dinkes ini kan leading sector penanganan Covid-19, maka masalah cartridge ini harus diantisipasi,” ucapnya.

Baca Juga: 50 Rumah Warga Desa Waeleman Terendam Banjir

Apalagi, banyak masalah belakangan ini terjadi, sebagai bentuk reaksi sosial berkaitan dengan pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 yang semuanya berawal dari masalah hasil PCR yang begitu lama dikeluarkan oleh laboratorium.

Untuk mencegah masalah itu terjadi secara berkepanjangan, maka dinas harus memastikan semua kebutuhan untuk PCR itu tersedia, agar tidak terjadi penumpukan sampel di laboratorium, yang berdampak pada reaksi masyarakat, seperti pengambilan jenazah pasien Covid-19. (S-50)