AMBON, Siwalimanews – Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Maluku Ella Sopalauw memastikan, tortor yang saat ini sementara dikerjakan di sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, jika selesai dikerjakan tidak akan licin.

“Tegel trotoar yang katanya licin itu, nanti saat finising akhir akan dikasih  coating anti selip dengan produk yang diapplikasikan diatas keramik yakni Jotun Epoxy Penguard Clear Sealer 2 komponen epoxy yang didesign untuk concrete/ beton/semen/keramic,” ucap Sopalauw dalam rilisnya yang diterima Siwalimanews, Kamis (20/5)

Menurutnya, trotoar yangs ementara dikerjakan ini telah viral dibicarakan oleh masyarakat dan banyak yang sudah memberi penilaian terkait kerami/tegel pesanan khusus bertuliskan Ambon City of Music yang di pakai untuk trotoar adalah tidak anti slip alias licin.

Hal Ini, merupakan penilaian yang terburu buru dari masyarakat, karna pekerjaan trotoar itu belum pada tahap penyelesaian atau finishing akhir. Produk yang nantinya dipakai ini, memiliki ketahanan yang kuat dan keras, karna berbahan dasar epoxy.

“Untuk area yang membutuhkan kekasaran, bisa ditambahkan butiran agregate sebagai bahan, agar area tersebut menjadi area anti slip. Sebagai jaminan kualitas pada saat finishing, kami akan berikan pendampingan coating inspector untuk mengawasi proses applikasi di lapangan. Produk ini sudah banyak dipakai di daerah Pulau Jawa, terutama Jawa Timur,” ucapanya.

Baca Juga: Sarimanella Ingatkan PUPR Perhatikan Talud Kali Wayori

Sopalauw berharap, masyarakat bisa bersabar terkait pekerjaan trotoar ini, semua smuanya tergantung cuaca, sebab untuk mengaplikasikan pekerjaan ini dibutuhkan cuaca yang panas.

“Jadi kita mohon masyarakat bisa bersabar. karna kita terkendala cuaca, sebab saat ini Kota Ambon masih dilanda musim penghujanan,” pungkasya. (S-51)