Ambon, Siwalima

Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Ambon, Denny Nendisa mengatakan, menjelang perayaan Idul Adha, pihaknya akan melakukan pemantauan pada sejumlah hewan qurban yang nantinya akan disembelih pada 31 Juli 2020 ini.

Nendisa yang ditemui wartawan usai mengikuti kegiatan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Kebun Rakyat Laodato Si Negeri Passo Senin (27/7) menjelaskan, dalam perayaan Idul Adha tiap tahunnya tentu saja ada petugas yang bertugas untuk mengawasi sejumlah hewan yang nantinya akan diqurbankan untuk pihak yang membutuhkan sesuai dengan ajaran Agama Islam.

“Sekarang pertanian hanya melihat kalau itu hewan qurban yang mau sembelih itu dia sehat atau tidak, itu yang setiap tahun Tetap ada petugas yang dia.” tuturnya.

Ia mengungkapkan, sebelum melakukan pemotongan hewan, biasanya petugas akan melakukan pengecekan kepada hewan-hewan yang nantinya akan disembelih pada hari raya tersebut.

Baca Juga: Puskesmas Siwalima Gelar Sosialisasi New Normal

Nendisa mengungkapkan, petugas akan turun dan lihat disetiap tempat yang melaksanakan penyembelihan, Nantinya petugas akan turun langsung untuk melihat prosesinya dan itu  sudah merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh petugas dari dinas teknis.

Tuturnya, Ada lima masjid yang akan melaksanakan pemotongan hewan secara masal dan akan berada dibawa pengawasan dinas Pertanian.

Masjid itu diantaranya, Masjid Al- Fatah, Masjid Al Huda, An Nur, Nurul Iklas, Masjid Air Zam-zam.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan jumlah petugas yang nantinya akan dikerahkan untuk memantau keadaan lapangan dalam hal ini memeriksa hewan, kata Nendisa, dengan keterbatasan keanggotaan atau petugas maka akan dilaksanakan secara mobile.

“Jadi mobile karena petugas ni kan tidak banyak nah masjid ini jauh lebih banyak oleh karena itu jam ini dia disini besok dia pindah terus,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan mengingat saat ini masih pandemi sehingga akan dilaksanakan prosesi sesuai dengan juknis yang akan dikeluarkan langsung oleh Kanwil Agama Provinsi Maluku.

Ia menambahkan, dalam hari raya tahun ini akan diberikan sebanyak 22 ekor sapi ke 4 kecamatan yang ada di Kota Ambon, dan 45 ekor kambing di seluruh Kecamatan.

Nendisa menegaskan, dalam melaksanakan pengawasan Dinas Pertanian turut mengawasi pada lokasi pemotongan hewan qurban untuk mengecek seberapa sehatkah hewan yang akan di qurbankan.

“Kami akan melihat, ketika proses pemotongan juga petugas akan dikerahkan sebisa, mungkin dapat memantau seluruh masjid yang melaksanakan kegiatan tersebut,” tegasnya. (Mg-6)