NAMROLE, Siwalimanews – Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan merealisasikan program vaksinasi ternak milik warga. Vaksinasi dipusatkan di esa Labuang ini, digelar mulai 10-11 November.

Kadis Pertanian Bursel Idris Loilatu melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Victor S Wattimena mengatakan, program ini merupakan agenda setiap tahun.

“Dinas Pertanian Bursel melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan vaksinasi dan pengobatan kepada ternak warga di desa Labuang selama dua hari. Ini merupakan program rutin setiap tahun kami di dinas,” ucap Wattimena kepada wartawan di Namrole, Sabtu (12/11).

Pelayanan vaksinasi kata Wattimena, adalah tindakan melakukan pencegahan terhadap ternak dari suatu penyakit oleh virus tertentu.

“Kita membantu masyarakat agar hewan ternak mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit akibat terserang virus. Selain vaksin, kami juga berikan obat berupa vitamin yang dikhususkan untuk menjaga ketahanan tubuh hewan,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung Keputusan Partai, Wattimury Percepat Pengusulan Watubun

Untuk tenaga vaksinator menurut Watimena, Dinas Pertanian menurunkan tim yang terdiri dari beberapa pegawai yang sudah mengikuti berbagai pelatihan terkait vaksinasi hewan. Masyarakat yang memiliki masalah dengan hewan ternak dihimbau untuk menghubungi Dinas Pertanian agar bisa segera diatasi.

“Saat vaksin respon masyarakat sangat baik, untuk itu kami ajak masyarakat yang memiliki masalah dengan hewan ternak dapat berkoordinasi dengan kami di Dinas Pertanian,” himbaunya. (S-16)