Dinas LHP Cuek, Sampah Diangkut Siang Hari

AMBON, Siwalimanews – Dinas Llingkungan Hidup dan Per­sampahan Kota Ambon terkesan cuek dan membiarkan mobil sampah beroperasi di siang hari, meng­angkut sampah dari bak-bak sampah.

Betapa tidak, pantauan Siwalima di Jalan Wolter Monginsidi, tepat­nya di depan ACC Passo, sekitar pukul 11.00 Wit, Dinas LHP tidak mengawasi, tetapi masih membiar­kan mobil sampah diangkut siang hari, padahal sesuai aturan, mobil sampah harus beroperasi mengang­kut sampah pada malam hari, dan tidak boleh mengganggu aktvitas kerja di siang hari.

Beberapa warga Passo yang melihat hal tersebut meminta supaya, pihak Pemkot khususnya Dinas LHP untuk melakukan pengawasan, jangan biarkan proses pengangkutan sampah dari bak-bak sampah di Kota Ambon dilakukan pada saat aktivitas kerja.

“Ini harus jadi perhatian serius Pemkot, jangan biarkan operasional mobil angkut sampah di siang hari. Aturan yang ditetap­kan harus dilaksanakan, bukan sebalik­nya,” kata beberapa warga passo ini.

Mereka berharap, Pemkot khususnya Dinas LHP langsung mengawasi dan bila perlu melakukan evaluasi, jika itu terkait dengan mobil sampah yang kurang, maka harus ditambahkan sehingga operasional pengangkutan sampah di malam hari berjalan dengan baik.

Seperti diberitakan sebelumnya, se­jumlah warga di Kota Ambon keluhkan pe­ngangkutan sampah yang akhir-akhir ini dilakukan mobil sampah terjadi di siang hari. Padahal sesuai aturan yang dite­tapkan Pemkot Ambon, pengangkutan sampah oleh mobil seharusnya di malam hari dan tidak boleh menganggu waktu aktivitas di siang hari.

Pantauan Siwalima, Jumat (10/1) pengangkutan sampah oleh mobil sampah di Batu Gajah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon terjadi di siang hari.

Beberapa warga yang ditemui Siwalima meminta, Dinas LHP melakukan penga­wasan, sehingga tidak ada mobil-mobil sampah yang mengangkut sampah di siang hari.

“Ya kita mintalah perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup, karena ini tugas mereka, supaya ada pengawasan dan jangan mobil sampah datang sudah siang dan mengangkut sampah,” jelas Lanny dan saudaranya Renny yang melewati wilayah kepada Siwalima.

Dia mendukung dan mendorong LHP kota Ambon untuk intens melakukan pengawasan dan meminta agar, juga turun lapangan supaya bisa mengontrol dan memantau pekerjaan pengangkutan sampah.

Ia mengakui, masyarakat kurang terbangun kesadarannya membuang sampah sesuai waktu yang ditentukan. Namun demikian, tugas dari pemkot khususnya DLH harus terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kadis LHP, Lucia Izaack Markus yang konfirmasi Siwalima beberapa kali melalui telepon selulernya namun tidak aktif.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kadis LHP mengatakan, mobil sampah yang mengangkut sampah disiang hari disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah di waktu pagi dan bukan malam hari. Katanya, sampah yang diangkut petugas siang hari merupakan sampah yang dibuang masyarakat pada waktu pagi hari.

“Jangan salahkan petugas, mereka selalu mengangkut sampah tepat pada waktunya. cuman masyarakat belum mempunyai kesadaran, masyarakat selalu buang sampah tidak tepat waktu, padahal kita selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat,”katanya.

Untuk diketahui, jadwal buang sampah yang diterapkan oleh Pemkot yakni mulai dari 22:00 WIT hingga 05.00 WIT.

Menurutnya, waktu yang ditentukan banyak yang dilanggar oleh masyarakat, sehingga untuk melakukan penegakan, pihaknya masih harus menunggu perda.

“Kita tidak bisa berikan sanksi, karena kita belum memiliki perda penegakan hu­kum. Perda ini baru saja ditetapkan, jadi kita masih menunggu nomor registrasi, ka­rena untuk penegakan atau sanksi nan­ti akan dilakukan oleh Satpol PP,” jelasnya.

Dikatakan, setiap yang bermasalah dengan sampah banyak kalangan menyalahkan pemerintah, padahal mereka tak tahu kalau kesadaran masyarakatlah kurang. (S-19)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *