AMBON, Siwalimanews – Dinas Kominfo dan Persandian bersama Dinas P3AMD Kota Ambon, mulai melakukan tahapan validasi data rumah tangga miskin (RTM) penerima bantuan Set Top Box (STB).

Tahapan validasi itu, dikemas dalam bentuk sosialisasi yang berlangsung secara virtual, Rabu (3/8) dan diikuti oleh para camat, kades/raja dan lurah serta RT/RW se-Kota Ambon.

Sekretaris Dinas  Kominfo dan Persandian Kota Ambon Ronald Lekransi, dalam paparanya menjelaskan, dalam tahapan validasi (RTM) sebagai calon penerima bantuan STB pemerintah ini, meliputi data RTM, yang diserahkan kepada pemerintah desa/negeri/kelurahan/kecamatan.

“Selanjutnya, para kades/raja/lurah/camat melakukan validasi di lapangan sesuai kriteria. Tahapan selanjutnya, kades/raja/lurah/camat menetapkan hasil validasi calon penerima bantuan, dan data tersebut disampaikan kepada walikota melalui Dinas Kominfo dan Dinas P3MD maupun Disdukcapil,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan validasi RTM kata Lekransi, dibutuhkan peran dari para camat, kades/raja dan lurah, hingga jajaran RT/RW. Hal itu karena, mereka lebih mengetahui situasi dan kondisi di lapangan.

Baca Juga: Polres Malteng Ungkap Jaringan Narkoba Antar Provinsi

“Dengan adanya pentahapan ini, maka kita sepakati validasi data yang telah diturunkan oleh kementerian, sehingga nantinya akan dibuat SK Walikota tentang daftar penerima bantuan STB dari kominfo,” tuturnya.

Menurutnya, dalam sosialisasi tersebut, ada banyak masukan dari peserta ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenkominfo dan Kemendagri. Dengan dilakukannya sosialisasi dimaksud, setidaknya sudah terbangun kesepakatan bersama, untuk menyukseskan program migrasi siaran TV analog ke TV digital, sebelum batas analog swicth off (ASO) pada 2 November 2022 mendatang.

“Hal ini penting, dalam kerangka cita-cita pemerintah, yakni untuk pemerataan akses informasi hingga ke daerah-daerah pelosok,” pungkasnya. (S-25)