AMBON, Siwalimanews – Akibat dihantam gelom­bang  tinggi, longboat ber­pe­num­pang 15 orang tengge­lam di perairan Pulau Kabat, Lek­sula Kabupaten Buru Se­latan, Kamis (20/1).

Sebelum tenggelam long­boat yang dinahkodai Su­dirman Marua (51) sempat dihantam gelombang besar akibat cuaca buruk.

Informasi yang diperoleh Siwalima, longboat bernama Dua Putra Sayang ini ber­layar dari  Desa Sekat. Da­lam perjalanan cuaca mulai memburuk dan setelah tiba di perairan Leksula, tepatnya dekat Pulau Kabat, longboat tersebut dihantam ombak dari samping kiri dan kanan yang menyebabkan air masuk ke dalam longboat.

“Saat dihantam gelom­bang air masuk kedalam body sehingga perlahan-lahan  tenggelam,” jelas sumber Siwalima di Leksula melalui telepon selulernya, Kamis (20/.1).

Melihat air yang masuk kedalam longboat, para penumpang yang panik langsung melompat keluar dengan menggunakan pa­pan alas body. Beruntung se­lang 10 menit ada longboat  lain yang melintas mem­bantu para penumpang.

Baca Juga: Aktivitas Kapal Pertamina Cemari Pesisir Laut Hative Besar

“Pas kejadian ada longboat lain yang melintas sehingga langsung memberikan bantuan serta  informasi ke Desa Leksula untuk meminta bantuan guna mengevakuasi korban, namun setelah tim penyelamat tiba di TKP, seluruh korban telah diselamatkan oleh longboat lain,” jelasnya.

Berikut nama-nama penumpang yang selamat antara lain Sudirman Marua (51), Sahril Defenubun (20), Jahama (58), Nurian Kolengsusu (50), Warati Wance (34), Tuty Ipa (32), Astari Ipa (30), Mohtar Limau (52), Bayang Flores (40), Jihan Tueka (23), Nijam (3), Enjel Flores (3), Arsila Humaira (bayi), Sutiono (43) dan Budi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya, dalam kecelakaan itu terdapat 15 penumpang termasuk nahkoda yang seluruhnya berhasil selamat.

“Kejadiannya pagi tadi mendapat informasi, Polsek Leksula yang dipimpin Kapolsek Leksula AKP. Obed.N.R dan Camat Leksula Rein Tasane, kemudian bergerak menuju lokasi kejadian, namun saat tiba di TKP, seluruh korban telah diselamatkan oleh body “Sinar Palea” asal Desa sekat yang juga kebetulan lewat,” jelas Ohoirat

Atas kejadian tersebut, lanjutnya, aparat Polsek Leksula kembali berkoordinasi dengan pihak kesehatan setempat untuk memastikan kondisi korban selamat dalam keadaan sehat, terutama bagi anak-anak kecil.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku seluruh penumpang berhasil selamat. Mereka kini menunggu tranportasi untuk kembali ke Desa Sekat. (S-45)