DOBO, Siwalimanews – Akibat diterpa cuaca buruk, dua longboat dari Desa Kobamar, Kecamatan Aru Utara Timur Batuley yang hendak menuju Kota Dobo, tenggelam.

Tenggelamnya dua longboat tersebut, mengakibatkan, satu penumpang hilang, sementara lima penumpang lainnya selamat.

Kepala Koordinasi Pos SAR Kepulauan Aru, Reinhard Loppies mengaku, kecelakaan laut ini terjadi, Senin (21/2) di sekitar perairan muara sir sir, Kecamatan Sir-Sir.

“Tadi pagi kami terima info dari pak Camat Aru Utara Timur Batuley Lambert Naraha dan kami telah mengirim tim rescue unit siaga SAR untuk membantu pencarian,” ungkap Loppies

Dua longboat tersebut berangkat dari Desa Kobamar menuju Kota Dobo, sesampainya di muara Sir Sir, mereka mengalami musibah karena angin kencang dan ombak besar disertai arus yang cukup kencang yang mengakibatkan longboat yang mereka tumpangi tenggelam.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrim

“Akibat cuaca buruk longboat tersebut tenggelam dan 5 orang berhasil selamat, sedangkan satu orang atas nama Obet Siksikul (60) belum ditemukan,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini tim rescue unit siaga SAR Dobo beserta potensi SAR telah diberangkatkan dengan menggunakan speed milik UPP Kelas III Dobo.

Untuk lokasi pencarian dilakukan pada koordinat: 5.529749°-134.499277°, dengan jarak ± 27 NM, Heading 50,64° timur laut dari unit siaga SAR Dobo.

“Cuaca saat ini hujan sedang disertai angin barat laut dengan kecepatan 4-15 knots dan tinggi gelombang 1.25-2.50 meter,” ucap Loppies.

Adapun unsur yang terlibat tim rescue unit siaga SAR Dobo sebanyak tujuh orang yang berasal dari, petugas BPBD Aru dua orang, petugas UPP Kelas III Dobo tiga orang dan personel Polairud dua orang. (S-11)