AMBON, Siwalimanews – DPRD mengusulkan anggaran yang diperuntukan untuk seminar nasional. Seminar ini sendiri menjadi syarat yang mesti dipenuhi sebelum pengusulan pahlawan nasional.

Maluku berencana untuk meng­usulkan Abdul Mutalib Sangadji menjadi pahlawan nasiona. Saat ini nama AM Sangadji diabadikan sebagai salah satu nama jalan protokol di Kota Ambon.

“Kita usulkan anggaran sebesar 134 juta bagi kegiatan seminar nasional kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Rovik Akbar Afifud­din kepada wartawan di Baileo Rak­yat Karang Panjang, Kamis (1/12).

Sejauh ini semua syarat telah dipenuhi oleh tim pengusul ter­masuk seminar didaerah. Namun belum dapat dilakukan pengusulan lantaran masih terkendala seminar nasional.

“Kita belum ada anggaran se­hingga perlu dianggarkan dalam APBD,” jelasnya.

Baca Juga: Masyarakat Dihimbau Stop Jual BBM Eceran

Anggaran seminar ini lanjutnya tidak masukan dalam APBD 2023 melainkan dalam penjabaran perubahan APBD tahun anggaran 2022 yang akan ditetapkan dengan peraturan gubernur dan hanya menunggu persetujuan.

Menurutnya, jika telah ada per­setujuan untuk dianggarkan maka diperkirakan pada bulan Desember ini telah dilakukan seminar nasional sebagaimana komitmen DPRD dan Dinas Sosial.

“Kalau semua sudah terpenuhi makan di Januari tinggal diusulkan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional dan 2023 sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” ha­rapnya. (S-20)