AMBON, Siwalima – Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon keluar sebagai juara lomba 10 program pokok PKK tingkat Kota Ambon tahun 2022, sementara Negeri Hukurila menempati posisi kedua, dan posisi ketiga ditempati Negeri Tawiri,

Sedangkan posisi harapan satu diraih oleh Negeri Nusaniwe, dan harapan kedua ditempati oleh Desa Latta.

Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena didampingi Ketua TP PKK Ny Lisa Wattimena di Balai Kota, Selasa (18/10).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, pemenang  akan mewakili Kota Ambon ke tingkat provinsi. Untuk itu, jajaran OPD dan TP PKK Kota Ambon diminta untuk mendampingi dan memberikan arahan bagi para pemenang, yang nantinya mengikuti lomba ditingkat provinsi.

“Harus dampingi supaya buktikan, bahwa Desa Galala sebagai juara satu layak untuk mewakili Kota Ambon, maka hal-hal yang perlu dibenahi, ada empat Pokja di PKK itu soal administrasi, pelaksanaan peningkatan kapasitas pendamping KDRT, kemudian Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), juga dokumentasi yang diperlukan, dapat diberikan,” pinta walikota.

Baca Juga: Warga Gugat Pengembang BTN Bukit Hijau Urimessing

Tidak hanya Galala, maupun pemenang lainnya, namun  juga  berlaku bagi semua desa/negeri di Ambon. Ini bertujuan agar 10 program PKK dapat terlaksana dengan baik.

Ketua TP PKK Ny Lisa Wattimena berharap, kegiatan ini dapat mendukung perubahan dan meningkatkan kemajuan yang berdampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan keluaraga.

“Saya beharap bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK ini jangan hanya dilaksankan pada saat lomba, tetapi harus dilaksanakan secara terus-menerus serta tetap menjaga sinergitas dengan pemkot, agar semua yang dilaksankan oleh TP-PKK dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan ketahanan keluarga pada desa/negeri/kelurahan hingga kecamatan,” harap Wattimena.(S-25)