AMBON, Siwalimanews – Anis Rasyid Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (ANIES-AHY) dinilai layak untuk diusung dalam suksesi calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Olehnya, sekitar 300 orang warga Kota Ambon mendekla­rasikan diri sebagai relawan ANIES-AHY, yang bertajuk ‘Beta Suka AA’.

Mereka berkeingi­nan menduetkan pa­sangan muda karena dinilai mampu memba­wa perubahan dan perbaikan bagi Indonesia.

Deklarasikan tersebut digagas Ketua DPP Partai Demokrat, Mi­chael Wattimena, yang berlangsung meriah di Restauran Dua Ikan, Kawasan Lateri, Kecamatan Teluk Ambon, Jumat (14/10).

Turut hadir Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Elwen Roy Pattiasina, Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Latif Lahane, sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku dan DPC Partai Demokrat Kota Ambon serta kader dan sim­patisan Partai berlambang bintang mercy itu.

Baca Juga: Pro Kontra di Akar Rumput

Deklarasi relawan “Beta Suka AA”, diawali dengan pekik,” Beta Suka AA, ANIES-AHY, ANIES-AHY, Beta Suka AA. Menang. Menang,” teriak para relawan yang dipandu Sonya Mathemahual selaku master of ceremony (MC).

Kemudian diikuti pembacaan naskah deklarasi Ketua Relawan “Beta Suka AA,” yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Ambon, Femri Tuwanakotta.

“Mendukung ANIES-AHY sebagai bakal calon Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik,” ujar Femri, saat mem­bacakan pernyataan sikap.

Relawan yang dipimpinnya siap memenangkan ANIES-AHY di ber­bagai wilayah di Indonesia Timur, sebagai Presiden dan Wapres pada pemilu Presiden, 14 Februari 2024 mendatang.”Kami berkeyakinan pasangan ANIES-AHY, dapat mela­kukan perubahan dan perbaikan untuk Indonesia kedepan,” cetus­nya.

Relawan Beta Suka AA berharap, ANIES-AHY dapat menjaga keutu­han bangsa, sebagai rumah besar bagi kita bersama (rumah orang basudara, rumah pela Gandong) yang aman, damai, rukun, dan har­monis.

“ANIES-AHY akan senantiasa mewujudkan cita-cita luhur untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,” paparnya.

Para relawan ini berkeyakinan pasangan ANIES-AHY, mampu menyiapkan lapangan pekerjaan, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan sumber daya manusia, dan melestarikan sumber daya alam.

“Kami percaya pasangan ANIES-AHY, dapat mewujudkan Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional, melalui pengembangan infrastruktur serta penguatan ekonomi, dan sosial budaya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat, Michael Wattimena me­ngatakan, deklarasi ANIES-AHY di Kota Ambon, yang digagasnya se­ngaja mengundang khusus, Wawan wartawan nasional yang meng­koordinir sejumlah televisi swasta nasional, media cetak nasional, dan sejumlah media online nasional untuk memberitakan deklarasi ANIES-AHY.

“Ini karena deklarasi ANIES-AHY baru pertama kali digelar di Indonesia Timur (Intim),” ujar BMW sa­paan akrab Michael Wattimena.

Menurut anggota DPR periode 2009-2014 dan 2014-2019 dari dapil Papua Barat, agar deklarasi relawan “Beta Suka AA” atau ANIES-AHY, agak berbeda dan meriah. “Jadi dari Indonsia Timur untuk Indonesia, kita mulai dari Kota Ambon. Bukan saja deklarasi Relawan ANIES-AHY di Kota Ambon saja, tadi sambutan Ketua DPD Partai Demokrat Malu­ku, berkomitmen bentuk relawan di kabupaten/kota yang lain di Maluku. Jadi memang selama ini pak Anies, deklarasi sendiri. Tapi sekarang relawan Beta Suka AA deklarasi paket ANIES-AHY,” ujarnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi V dan Wakil Ketua Komisi IV DPR ini optimis jika ANIES-AHY terpilih, maka akan terjadi perubahan dan perbaikan di Indonesia secara umum dan di Provinsi Maluku, se­cara khusus. “Saya yakin ketika mereka terpilih ada perubahan dan perbaikan yang signifikan,” te­gasnya.

Apalagi, kata BMW, pihaknya sengaja melakukan deklarasi ANIES-AHY,

pertama kali di Indoensia Timur, agar ANIES-AHY terpilih menjadi Presiden dan Wapres, maka per­hatian mereka lebih cenderung ke Indonesia Timur, khususnya di Provinsi Maluku.

“Kita optimis ketika mereka terpilih akan memperhatikan dan merealisasikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, Ambon New Port dan sejumlah proyek dan program strategis nasional lainya di Indonesia Timur,” pinta BMW.

Tak hanya itu, kandidat kuat Walikota Ambon periode 2024-2029 ini mengaku, deklarasi ANIES-AHY lebih awal karena 16 Oktober 2022 mendatang masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Namun, secara pemerintahan hari ini masa tugas Pak Anies berakhir karena hari kalender kerja di DKI Jakarta mulai Senin hingga Jumat. Nah, sebelum beliau masa tugas berakhir kita sudah deklarasi duluan agar setelah ini kita bersama pak Anies dan pak AHY melakukan kerja pemenangannya merebut kursi Presiden dan Wapres,” tegasnya.

Lalu, apakah ANIES-AHY resmi berpasangan, Ketum IMDI ini  mengaku, setelah Partai NasDem deklarasi usung Anies 3 Oktober 2022 lalu, selang beberapa hari atau tepat 7 Oktober Anies kunjungi DPP Partai Demokrat ketemu AHY.

“Saat itu AHY mengatakan kepada mas Anies, selamat datang dirumah besar Partai Demokrat. Rumah ini untuk bung Anies. Mas Anies jawab, saya dan Partai Demokrat berjalan bersama-sama. Jadi deklarasi relawan ANIES-AHY saat ini sebagai bentuk apa yang sudah dirasakan mas Anies dan mas AHY,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Elwen Roy Pattiasina mengatakan, dekla­rasi ANIES-AHY, baru pertama kali dilakukan Indonesia Timur yang digagas Ketua DPP Partai Demokrat, Michael Wattimena.

“Saya kaget ketika dihubungi bung Michael. Saya bangga bung Michael lihat Maluku secara keseluruhan,” puji Pattiasina.

Dia mengaku, ada pihak sebelah menyindir deklarasi ANIES-AHY. “Ada yang bilang belum final pasangan sudah deklarasi. Saya mau tegaskan bahwa ini model Par­tai Demokrat dibawah kepemim­pinan bung AHY. Sekarang kita tidak lagi berjalan, tapi sudah berlari. Kita yakin ANIES-AHY membawa peru­bahan dan perbai­kan di negeri ini khususnya di Maluku,” tan­dasnya.

Dikatakan, relawan “Beta Suka AA”, bukan hanya berasal dari kader dan simpatisan Partai De­mokrat, namun masyarakat yang menghendaki adanya perubahan dan perbaikan. Apalagi, figur AHY sangat cerdas.

“Saya ini, tidak ada lagi tokoh muda yang pintar seperti AHY. Ini pasangan yang cocok. Kalau cinta Maluku, cinta perubahan dan cinta perbaikan, mari kita memenangkan ANIES-AHY,”ajaknya. (S-08)