AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 19.783 data dari calon penerima bantuan pelaku usaha mikro telah dikirimkan ke Kementerian Koperasi (Kemenkop) melalui Dinas Koperasi Kota Ambon.

Jumlah penerima bantuan ini, diketahui setelah Komisi II DPRD Kota Ambon menggelar rapat bersama Dinas Koperasi dalam rangka melihat kesiapan penginputan data penerima bantuan tersebut, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (8/9).

Sekretaris Komisi II Ricky Helaha kepada Siwalimanews usai rapat itu, membenarkan bahwa, rapat antara komisi dan Dinas Koperasi itu terkait dengan pemberian bantuan yang akan diberikan oleh Kementrian Koperasi bagi pelaku UMKM dan untuk Kota Ambon itu ada 19.783 calon penerima.

“Sesuai hasil rapat tadi, ada sekitar 19.783 calon penerima yang datanya telah dikirim ke Kemenkop. Kami akan dorong supaya bantuan ini tepat sasaran jangan sampai penggalaman BLT kemarin terulang lagi pada bantuan UMKM,” tandasnya.

Dikatakan, Komisi II akan tetap berkoordinasi sekaligus mengawasi penyalurannya, sehingga bantuan ini dapat direalisasikan dengan baik.

Baca Juga: GPM Diharapkan Terus Bertumbuh dan Maju

“Yang jelas nantinya bantuan ini akan ada penambahan untuk calon penerima karena dari pusat juga tidak sampaikan berapa kuota penerima untuk bantuan ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kadis Koperasi Kota Ambon Marthen Kailuhu mengaku, Bantuan yang diberikan dari Kemenkop ini tidak ditentukan berapa banyak jumlah penerimannya, namun per orang itu akan peroleh Rp 2,4 juta.

“Jadi datanya diverifikasi di pusat dan diberi nomor rekening di BRI, sebab bantuan ini akan disalurkan ke BRI,” ucapnya

Saat ini tambah Kailuhu ada kurang lebih 3.503 calon penerima yang akan menerima bantuan ini tahap I dalam minggu ini.

“Kita upayakan tahap I ini dibayarkan dalam minggu ini, karena kita juga kejar laporan pembayarannya, sebab dana ini merupakan bantuan presiden untuk modal kerja bagi UMKM produktif,” tuturnya. (Mg-5)