AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon kini berstatus zona orange, setelah sebelumnya berada pada zona merah. Walau demikian, Pemkot tetap menerapkan PSBB Transisi VI.

Juru Bicara Gugus Tugas Kota Ambon, Joy Adrianz kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (25/9) menjelaskan, setelah dilakukan evaluasi angka skoring zonasi, ternyata Kota Ambon sudah mencapai 1,91 dari sebelumnya  angka sokring hanya 1,47.

“Ada empat zona terkait dengan penyebaran Covid-19, yaitu zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi, zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang, kemudian zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah dan zona hijau atau wilayah yang tidak atau belum terdampak,” rinci dia.

Selain menandai status bahaya dari sebuah wilayah yang terpapar Covid-19 Kata Joy, zona warna juga digunakan untuk menandai protokol kesehatan yang harus diterapkan dan dipatuhi.

Karena Kota Ambon berada pada zona orange, PSBB transisi tahap VI tetap diberlakukan dan penindakan protokol kesehatan juga tetap berjalan.

Baca Juga: Putus Penyebaran Covid, Malra Tutup Pintu Masuk

“Walaupun kini kita di Ambon sudah zona orange, operasi yustisi tetap jalan dan PSBB V ini akan berlanjut lagi ke PSBB VI,” cetusnya. (Mg-6)