DOBO, Siwalimanews – Danlanal Aru Letkol Laut (P)  Letkol Laut (P) Qoirur Roziqin, membuka kegiatan karya bakti dan bakti sosial di Desa Durjela.

Kegiatan berlangsung, Rabu (28/7) di desa durjela sebagai desa binaan Lanal Aru di Kecamatan PP Aru

Dengan mengusung tema “Melalui Karya Bakti Dan Bakti Sosial Pangkalan TNI AL Aru Siap Membantu Pemerintah Daerah Dalam Rangka Mensejahterakan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19”.

Danlanal Aru Letkol Laut (P)  Letkol Laut (P) Qoirur Roziqin, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan karya bakti dan bakti sosial TNI AL yang diselenggarakan Pangkalan TNI AL Aru merupakan progam yang dicanangkan oleh KASAL Laksamana TNI Yudho Margono, sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu mendukung progam pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Selanjutnya kata Danlanal, membantu kesejahteraan masyarakat khususnya di masa pandemik Covid 19, hal ini yang sesuai tertera dalam  UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas pokok TNI adalah menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan negara RI.

Baca Juga: Kadinkes: Vaksinasi Anak dan Remaja tak Secara Massal

“Tugas TNI AL salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yakni upaya menyiapkan pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini untuk mewujudkan sistem pertahanan semesta dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan Potensi Nasional menjadi kekuatan wilayah pertahanan laut beserta keluatan pendukungnya melalui operasi Militers Selain Perang (OMSP),” jelas Danlanal.

Dijelaskan pula bahwa tugas OMSP TNI AL meliliki 14 tugas dimana salah satunya adalah membantu tugas perintah daerah.

“Upaya nyata yang dilaksanakan adalah adanya kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial sekaligus pencangan Kampung Bahari Nusantara, sesuai dengan intruksi pimpinan TNI AL sebagai komitmen kepala staff Angkatan Laut dalam membantu pemerintah daerah serta mendukung progam nasional,” ucap Danlanal Aru.

“Lokasi ini dipilih karena desa Durjela merupakan salah satu lokasi dalam wilayah kerja Lanal Aru,” ungkapnya.

Menurut Danlanal, Kegiatan Karya bakti dan bakti sosial Lanal Aru TA 2021 meliputi kegiatan Fisik dan Non Fisik. Progam kegiatan ini sambungnya, dilakukan semata mata untuk membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan dan membantu kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid-19 di wilayah Kepulauan Aru ini.

Diharapkan melalui kegiatan karya bakti dan bakti sosial Lanal Aru Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Aru dapat membantu meringankan tugas pemerintah daerah serta memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk masyarakat Aru umumnya dan desa Durjela Khususnya.

“Dimasa Pandemi ini, mari kita perangi covid-19 dengan mendukung anjuran pemerintah patuhi protokol kesehatan dengan 6M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari Kerumunan serta melaksanakan Vaksinasi guna menekan angka penyebaran Covid 19 diwilayah Aru,” pesan Danlanal Aru.

Sebelumnya, Kapten (Mar) M. Edi Santoso dalam laporannya menyampaikan bahwa sasaran kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti (KBBS) meliputi; Perbaikan Sarana Pendidikan SD Kristen Desa Durjela Ruang Perpustakaan dan MCK, Renovasi Tempat Ibadah Gereja Emanuel Dan Gereja Santo Yosep Desa Durjela (Pelastering Dinding, Perbaikan MCK, Pengecetan dan Pembuatan Papan Nama Gereja),Renovasi Tempat Ibadah Masjid Jabal Qubais Dan Masjid Baitul Amal (Renovasi Pembuatan Joglo Masjid Dan Tangga Menuju Masjid), Pembuatan Atap Kanopi dan Pengecatan Dinding Posyandu Pembantu Dusun Belakang Wamar (Desa Binaan Lanal Aru), Pengecetan seluruh Pagar Dusun Belakang Wamar (Desa Binaan Lanal Aru) dan Pengecatan dan Renovasi Rumah Pintar Bahari.

Selain itu, kegiatan Non Fisik Baksos yakni Khitanan Masal, Pemberian Bahan Kontak Berupa Sembako dengan target 100 orang, Pengobatan Gratis dan Penutupan Karbaksos sekaligus peresmian KBN (Giat Klaster Ekonomi/UMKM, Giat Pendidikan/ Pengajaran Pada Anak Warga desa/Binaan/KBN.

Usai memberikan sambutan, Danlanal Aru menyerahkan Secara Simbolis Peralatan Kerja dan meninjau Fasilitas Pendidikan SD Kristen Durjela yang akan direhab.

Kegiatan KBBS ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2021 s/d  18 Agustus 2021.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut Danden Pomal Lanal Aru, Kapten Laut (PM) Teguh Wasono, Sekcam Pulau-Pulau Aru Leonora Tiwery, Sekertaris Dinas Sosial Aru Karel.M Kwaitota, Sekertaris Dinas Pendidikan Aru N.B Rattu, Sekertaris Dinas Kesehatan Aru dr.Hentji Darakay, Babinsa Koramil 1503-03/Dobo Desa Durjela Serka P.M. Belwarin, Pjs Kepala Desa Durjela Sedli Soulisa, Ketua BPD Rudolf Gabriel. (S-25)