AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi PDIP di DPRD Maluku, Benhur G Watubun, meminta seluruh masyarakat untuk menaati peringatan dini cuaca ekstrim yang dikeluarkan BMKG stasiun Pattimura Ambon.

“Situasi yang terjadi akibat cuaca ekstrem yang melanda Maluku akhir-akhir ini, saya himbau sekaligus meminta masyarakat agar taat dan patuh terhadap peringatan dini yang dikeluarkan BMKG,” pinta Watubun kepada Siwalimanews, Kamis (24/2) menindaklanjuti kondisi cuaca ekstrem yang terjadi hampir di wilayah Maluku yang mengakibatkan banjir rob disejumlah daerah.

Hal ini kata Watubun, harus dilakukan oleh masyarakat guna meminimalisir korban jiwa, mengingat beberapa waktu lalu sudah ada korban jiwa akibat cuaca ekstrem yang terjadi, tepatnya di Banda Eli Kabupaten Malra, serta Kota Tual dan dan juga nelayan yang sempat hilang dan meninggal di Haruku.

Selain itu, sejumlah rumah warga di desa-desa juga banyak yang rusak akibat terjangan air laut yang mengakibatkan talud penahan ombak jebol maupun akibat angin kencang.

“Oleh karena itu, lebih khusus masyarakat yang bermukim di bibir-bibir pantai atau masyarakat pesisir agar lebih berhati-hati terhadap kondisi alam yang tengah berlangsung,” himbaunya.

Baca Juga: Gelar Pilkades, Pemkot Diingatkan Taat Prokes

Menurutnya, roda perekonomian harus terus berlangsung, namun masyarakat juga harus bijaksana dalam mengambil langkah, karena situasi dan kondisi tidak memaksakan diri untuk sesuatu yang pada akhirnya berimbas pada kerugian banyak orang ataupun nyawa. (S-20)