DOBO, Siwalimanews – Basarnas Unit Siaga Aru menghimbau kepada masyarakat, khususnya para nelayan agar waspada saat melaut, ditengah kondisi cuaca ekstrim yang saat ini melanda kabupaten tersebut.

“Kami dari unit SAR Aru menghimbau kepada masyarakat khususnya nelayan dan para pengguna transportasi laut untuk memperhatikan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, karena sangat membahayakan,” himbau Kepala Koordinator unit siaga SAR Aru Reinhard Loppies kepada Siwalimanews, di Dobo, Kamis (9/12).

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Maluku kata Loppies, tinggi gelombang laut di perairan Aru berkisaran 1 hingga 2 meter.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba.

“Cuaca di Aru saat ini sangat ekstrim dan gelombang laut juga dalam keadaan tinggi dan angin kencang. Jadi sekali lagi kami himbau agar masyarakat sebisa mungkin menunda aktivitasnya di laut,” pintanya.

Baca Juga: Besok, Panglima TNI Kunjungi Maluku, Ini Agendanya

Loppies pada kesempatan itu minta kepada masyarakat, jika ada informasi yang membahayakan jiwa manusia, segera melaporkan ke unit siaga SAR Aru pada nomor kontak 085243006358. (S-25)