AMBON, Siwalimanews – Penyebaran virus corona makin menggila di Maluku. Jumlah orang positif terpapar virus mematikan ini bertambah lagi 12 orang.

Pada Selasa 12 Mei lalu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Maluku mengumumkan jumlah orang terkonfirmasi positif bertambah 14. Selang sehari, diumumkan lagi 12 orang positif, sehingga kasus positif Covid-19 di Maluku bertambah menjadi 62 orang.

“Jadi ada penambahan 12 kasus baru terkonfirmasi positif corona sehingga secara keseluruhan Maluku sebanyak 62 kasus,” kata Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (13/5).

Lohy menjelaskan, penambahan 12 kasus baru positif virus corona diperoleh dari hasil pemeriksaan swab oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Ambon. ”12 kasus baru ini dari hasil swab lab BTKL-PP,” jelasnya.

Mereka adalah kasus nomor 51 perempuan inisial UF, kasus 52 laki-laki inisial AP, kasus 53 perempuan inisial HP, kasus 54 perempuan inisial LH, kasus 55 laki-laki inisial HT, kasus 56 laki-laki inisial T.

Baca Juga: RSUP Jadi Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

Selanjutnya kasus 57 perempuan inisial ED, kasus 58 perempuan inisial SRP, kasus 59 perempuan inisial LK, kasus 60 perempuan inisial RR, kasus 61 perempuan inisial MHN dan kasus 62 juga perempuan dengan inisial HI.

”12 pasien positif baru ini ada yang warga Waihaong dan sebagian lagi pasien PDP yang dirawat di RSUD dr. Haulussy, RST dr J Latumeten, Rumkital Lantamal IX Ambon dan LPMP serta Balai Diklat BPSDM Maluku,” ungkap Lohy.

Sampai dengan Rabu (13/5) jumlah kasus terkonfirmasi positif di Maluku sebanyak 62 kasus. “17 pasien dinyatakan sembuh, 4 pasien meninggal dunia dan 41 masih dalam perawatan dan isolasi,” kata Lohy.

14 Kasus

Seperti diberitakan, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku bertambah lagi 14 kasus, sehingga menjadi 50 orang dari yang sebelumnya 36 orang.

Penambahan 14 kasus ini merupakan hasil pemeriksaan swab di BTKL-PP Ambon.

“Dari 27 swab yang kita kirim ke BTKL-PP, baik itu dari masyarakat Waihaong dan pasien PDP di sejumlah rumah sakit, 14 orang ditanyakan posistif virus corona sedangkan sisanya negatif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/5).

Belasan pasien kasus baru itu dirawat di RSUD dr. M Haulussy, Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr. Latumeten, Rumkital dr. FX Suhardjo dan LPMP Maluku.

Mereka adalah pasien kasus nomor 37 laki-laki berinisial LSF, pasien 38 perempuan inisial GAS, pasien nomor 39 laki-laki inisial H, pasien nomor 40 perempuan inisial ES, pasien 41 perempuan inisial PL, pasien 42 perempuan inisial MR, pasien 43 laki-laki inisial ST, pasien 44 perempuan inisial RT.

Selanjutnya pasien nomor 45 laki-laki inisial AK, pasien 46  perempuan inisial TR, pasien 47 perempuan inisial FT, pasien 48 perempuan inisial FB, pasien 49 laki-laki inisial SU dan pasien nomor 50 laki-laki inisial GT.

“Jumlah itu terdiri dari 29 orang masih dalam perawatan, empat orang meninggal dunia dan 17 dinyatakan sembuh,” ungkap Kasrul.

Mereka yang meninggal adalah pasien nomor 35 berinisial DAS, pasien 36 berinisial MCA, pasien 24 inisial HT dan pasien nomor 25 inisial LS.

Kasrul mengatakan, kondisi 14 pasien kasus terkonfirmasi positif dalam kondisi baik. “Yang ada di LPMP akan kita pindahkan ke Diklat BPSDM untuk menjalani perawatan dan isolasi, sedangkan yang dirawat di rumah sakit tidak dipindahkan,” jelasnya. (S-39)