SAUMLAKI, Siwalimanews – Belasan calon siswa bintara mengikuti tes Screning POM-AU tahun 2023 yang dilaksanakan di Satpomau lanud IG Dewanto Saumlaki, Rabu (15/3).

Danlanud Saumlaki Letkol Pas Yohanes Paulus saat dikonfirmasi Siwalima bahwa pelaksanaan tes Screening POM-AU membenarkan tes yang sementara dilajani oleh belasan casis.

“Jadi mereka akan dilihat datanya kemudian sinyalemen, tes postur tubuh, dan wawancara screning,” terang Paulus.

Pria dengan dua melati di pundak mengatakan tujuan dari proses ini juga  untuk mengecek keabsahan surat surat seperti izasah, surat keterangan hasil ujian nasional, identitas diri dan surat keterangan catatan kepolisian yang menjadi syarat mutlak seseorang untuk menjadi prajurit TNI AU.

“Saya sampaikan harapan kepada mereka agar selalu jaga kondisi kesehatan dan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terkabul apa yang kalian cita-citakan yaitu menjadi prajurit TNI Angkatan Udara,” harapnya.

Baca Juga: Empat Bulan Honorer RS Haulussy tak Terima Gaji

Diakhir pengarahannya ia juga menekanan bahwa penerimaan Bintara pria TNI AU gelombang I tahun 2023 ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

“Apabila nanti para casis dihubungi oleh pihak yang mengaku panitia penerimaan casis Bintara TNI AU tahun 2023 yang meminta biaya agar segera dilaporkan ke Lanud,” tegasnya.

Hadir dalam tes itu juga Dansatpom dan Kaintel Lanud IG Dewanto. (S-26)