DOBO, Siwalimanews – Camat Pulau-Pulau Aru, Roberthus Ngebursian membuka dengan resmi kegiatan Pelatihan Linmas se-Kelurahan Siwalima, yang berlangsung di auditorium lapangan Yos Sudarso Dobo, kemarin.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan empat narasumber yakni Kasat Binmas Polres Aru,  Kepala Puskesmas Siwalima, DPC Granat Kepulauan Aru dan Wakapolsek Pulau-Pulau Aru.

Dari pantauan di lapangan pelatihan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yakni peserta sebelum masuk tempat kegiatan diarahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu kemudian tempat duduk setiap peserta diatur jarak sekitar satu meter setengah antara satu tempat duduk dengan lainnya.

Ngebursian dalam sambutannya mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta sebagai upaya untuk memanilisir tindak kriminalitas di wilayah Kelurahan Siwalima.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan selain merupakan salah satu program kerja Kelurahan Siwalima, juga merupakan acuan bagi bapak/ibu pengurus RT/RW agar dapat menjalankan fungsi linmas secara maksimal di wilayah masing-masing RT dan memanilisir kejahatan di wilayah kelurahan Siwalima pada umumnya,” ujar Camat Aru.

Baca Juga: DPRD Minta Pemkot Berikan Insentif bagi Pelaku Usaha

Seperti yang diketahui bersama lanjut Camat, wilayah Kelurahan Siwalima dan Kelurahan Galay Dubu merupakan pusat ibu kota Kecamatan Pulau-Pulau Aru dan juga Kabupaten Kepulauan Aru yang heterogen dari sisi penduduk.

Disamping itu pula tambah dia, terjadi tindak kejahatan, perkelahian antar kompleks, pencurian dan lain-lain.

“Untuk itu saya harapkan pengurus RT/RW bersama dengan anggota linmasnya, serta tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat agar bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, dan tidak mudah terprovokasi dengan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, tidak main hakim sendiri dalam setiap permasalahan yang terjadi pada warga masyarakat, apalagi menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah tanggal 9 Desember 2020 nanti, jangan terpancing atau menyebarkan berita-berita bohong atau Hoax,” jelas Ngebursian.

Sejalan dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan ketertiban masyarakat, maka semua unsur terkait diharapkan mampu bersinergi menciptakan kondisi keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam menunjang pembangunan di negeri tercinta ini.

“Menyikapi situasi pandemi Covid-19 saat ini kami berharap agar para Linmas lebih pro aktif menjaga keamanan dan ketertiban masing-masing RT dengan memperhatikan SOP penerapan New Normal di kepulauan aru khususnya pada lingkungan masing-masing,” tegasnya.

Dirinya menyampaikan agar hal lain yang perlu diperhatikan adalah munculnya genk atau kelompok anak muda /remaja dilingkungan kerja masing-masing.

“Kami berharap agar para Linmas dapat membantu anak-anak kita pada RT masing-masing sehingga kegiatan mereka adalah kegiatan yang baik dan bersifat positif.

Selain itu, Kepala Puskesmas, Hadija Hasyim, sebagai salah satu narasumber dalam pemaparannya terkait new normal atau kehidupan baru serta memberikan edukasi tentang cuci tangan yang baik kepada peserta linmas guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara Kasat Binmas Polres Kepulauan Aru, AKP. R Benbuain berharap dengan pelatihan linmas ini agar adanya kerjasama yang baik antara semua pihak sehingga dalam menghadapi new normal dan juga pilkada nanti, Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Aru tetap terjaga. Kemudian Rianto Siagian sebagai salah satu pengurus DPC Granat Kepulauan Aru juga memberikan sosialisasi tentang bahaya Narkoba kepada peserta pelatihan itu. (S-25)