MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua yakin, Negeri Amahai, Keca­matan Amahai bakal maju dan menjadi teladan bagi negeri-negeri lainnya di wilayah kabupaten tertua di Maluku.

Keyakinan bupati dua periode di bumi Pamahanu-Nusa itu disampaikan saat me­lantik Frederic Hallatu sebagai Ke­pala Pemerintah Ne­geri Amahai di Ama­hai, Sabtu (20/11).

“Saya yakin, de­ngan kemampuan yang saudara miliki, akan mampu menjadikan Negeri Amahai sebagai negeri yang maju dan menjadi contoh bagi negeri-negeri lainnya di daerah ini.

Tuasikal mengapresiasi terlaksananya pelantikan Upu Latu Lounussa Maatita itu.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengapresiasi terlaksananya pelantikan ini sebagai manifestasi tata kelola pemerintahan negeri dan juga mengucapkan selamat kepada saudara Frederick Hallatu yang telah dilantik sebagai Kepala Pemerintah Negeri Amahai,” ujarnya.

Baca Juga: AMA Serbu Kantor Bupati dan DPRD Bursel

Tuasikal berharap, amanah suci dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada Hallatu dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri Amahai.

Menyikapi berbagai persoalan dan dinamika penyelenggaraan pemerintahan yang dihadapi saat ini, terutama krisis multidimensi akibat pandemi Covid-19, bupati berharap, Pemerintah Negeri Amahai dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan terobosan-terobosan yang inovatif guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian negeri dengan memanfaatkan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat dan daerah.

Tuasikal juga mengingkatkan Hallatu sebagai Kepala Pemerintah Negeri terkait pengelolaan keuangan negeri, mengingat dana pembangunan melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Malteng saat ini sangat besar, sehingga seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan negeri harus dapat dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan menghindari penyalahgunaan pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa serta dapat menjadi pendorong dan penggerak percepatan kesejahteraan masyarakat di negeri ini.

Dia berharap, semua komponen masyarakat Maluku Tengah agar tetap menjaga harmonisasi sosial di negeri Pamahanu-Nusa ini, dengan membangun kehidupan orang  basu­dara, saling menghargai dan meng­hormati, selalu bekerja sama dan bergandeng tangan, bahu membahu, serta terus mengembangkan sema­ngat kebersamaan dalam pemba­ngunan dalam upaya membangun Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama. (S-36)