BULA, Siwalimanews – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menghimbau kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran individual.

Himbauan ini disampaikan Bupati SBT usai menyaksikan vidio conference yang dilakukan oleh pemerintah Maluku dengan pemerintah pusat kemarin.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memiliki kesadaran individual, agar angka penderita Covid-19 makin berkurang,” ungkap Keliobas, kepada Siwalima usai menggelar video conference, di Pandopo Bupati SBT, kemarin.

Dikatakan, hingga saat ini pemerintah kabupaten terutama Tim Gustu SBT telah berupaya dengan maksimal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Meski begitu, namun menurut Keliobas, sangat penting masyarakat memiliki kesadaran individual dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hasil Rapid Test Reaktif, Tiga Warga KKT Ditahan

“Pemerintah telah berupaya dengan maksimal untuk penanganan pandemi Covid-19, namun sangat penting juga adanya kesadaran dari masyarakat SBT sendiri dengan cara mengikuti protokoler kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah,” kata Keliobas.

Kata dia, mengenai data terkini tentang perkembangan Covid-19 di Kabupaten SBT, tercatat PDP sebanyak 19 orang, ODP sebanyak 2 orang dan positif sebanyak 27 orang, dan yang sembuh sebayak 6 orang.

“Sebelumnya positif sebanyak 33 orang, namun karena 6 orang telah sembuh, sehingga tersisa pasien Covid-19 sebanyak 27 orang yang saat ini masih ada di rusunawa dengan pemantauan ketat oleh tim gustu SBT,” ungkap Keliobas.

Mengenai pasien Covid-19 baik PDP, ODP maupun terkonfirmasi positif, saat ini Pemda melalui Tim Gustu SBT terus melakukan pengawasan ketat dan terus diberikan pelayanan kesehatan yang baik. (S-47)