PIRU, Siwalimanews – Pejabat Bupati Andi Chandra Asaduddin mengingatkan kepada seluruh organisasi perangkat daerah akan pentingnya data informasi.

Hal ini diungkapkan bupati dalam sambutanya saat membuka kegiatan sosialisasi data indonesia (SDI) yang berlangsung di Aula lantai III Kantor Bupati, Selasa (20/9).

Bupati menjelaskan, dalam penguasaan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi sudah saatnya menjadi perhatian serius dan prioritas bersama khususnya di Bumi Saka Mese Nusa.

Lanjutnya seluruh proses dari awal pengumpulan pengelolaan hingga penyebarluaskan data informasi sudah tentu melakui kemajuan teknologi, kelancaran, optimalisasi pengumpulan, proses dab penyebarluaskan data infirmasi.

“Melalui sosialisasi ini, selaku penerintah daerah, saya mengikatkan agar kita semua terutama OPD akan pentingnya data, yang pada era ini telah menjadi kebutuhan primer atau utama setiap setiap manusia,” katanya.

Baca Juga: Walikota: Pemberian IMB di Bantaran Kali akan Dikaji

Hal lanjutnya sekaligus mengisyaratkan dan menginspirasikan bagi ASN untuk terus membangun tekad bersana dalam semangat persatuan dengan bekerja keras dan cerdas membangun sistem pengelolaan data yang semakin baik di daerah ini.

“Kebijakan SDI merupakan langkah strategis pemerintah pusat guna menjamin keteraturan dalam penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan baik oleh instansi pusat maupun daerah,” tegasnya.

Lanjut Bupati, penerapan sistem sistem SDI memiliki tujuan diantaranya, memeberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data guna mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Disamping itu pula untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dapat dibagi-bagikan antara instansi.

“Guna mewujudkan tujuan tersebut, saat ini pemerintah daerah sedang memproses peraturan Bupati tentang SDI di SBB yang sementara dalan tahap konsultasi pada biro hukum Provinsi Maluku, sebagai dasar yuridis pelaksanaannya di SBB,” ucapnya. (S-18)