BUPATI Maluku Tengah Tuasikal Abua optimis dan berjanji akan memulangkan masyarakat Kariu dari tempat pengungsian di Negeri Aboru ke negeri Kariu Leamoni Kamasuni dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapnya saat menerima kunjungan  Penjabat Kepala Pemerintah Negeri (KPN) Kariu Yori Radjawane bersama jajaran Pemerintah Kariu di ruang kerjanya, di Masohi, Selasa pekan lalu.

“Saya akan berupaya sekeras tenaga untuk memulangkan Basudara semua ke leamoni kamasuni. Jujur,saya sangat sayang dan cinta saya punya masyarakat Kariu. Semua masyarakat Negeri Kariu itu orang sudara dengan masyarakat Negeri Pelau, karena kehidupan kedua negeri ini bukan baru tetapi sejak leluhur masyarakat. Kedua negeri ini sudah hidup berdampingan dan saling menyayangi,” ungkap Tuasikal.

Tuasikal menegaskan pihaknya  sedang menyiapkan berbagai langka guna menindaklanjuti bahkan sedang menyiapkan alokasi anggaran untuk kepentingan dimaksud.

“Saat ini saya sudah perintahkan kadis PU, Kadis Permukiman dan Perumahan, Kepala Dinas Pemberdayaan, Kabag Pemerintahan dan pimpinan OPD lainnya yang berkaitan untuk menyiapkan semua berkas dan data, berkaitan dengan anggaran pemulangan, pembangunan rumah pengungsi, pembangunan hunian sementara, sanitasi dan lainnya,” tandas Abua.

Baca Juga: Bupati Buka Kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD 2023

Dia menjamin jika langkah itu semua telah disiapkan, maka langkah pemulangan menyusul persiapan itu akan segera dilakukan.

“Selanjutnya saya sebagai pribadi dan pemerintah daerah Malteng akan segera melakukan pemulangan masyarakat Kariu dari tempat pengungsian di Aboru ke negeri asal dalam waktu dekat ini”ujar Bupati Malteng dua periode itu.

Diakunya masa jabatannya tersisa 5 bulan aat ini saya hanya tinggal 5 Bula olehnya Tuasikal berikrar sebelum akhir masa jabatannya seluruh masalah meyangkut negeri Kariu telah terselesaikan.

“Memang waktu yang ada kini sudah sangat mendesak. Karenanya saya telah menginstruksikan semua perangkat agar bekerja cepat. Saya mohon doa dan dukungan semua warga masyarakat tanpa kecuali warga Negeri Kariu agar rencana ini dapat terselesaikan sebelum akhir masa jabatan nanti,” harapnya.

Untuk diketahui selain berupaya untuk memulangkan warga Kariu dari pengungsian di Negeri Aboru dalam waktu dekat ini Bupati bersama seluruh pimpinan OPD terkait dalam waktu dekat ini akan melakukan kunker ke pengungsian Kariu di Aboru.

Hadir dalam pertemuan tersebut selain Penjabag KPN dan staf yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Negeri Muhammad Namakule, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Julius Boru, Kabag Tata Pemerintahan Johanes Noya, Camat Pulau Haruku Havid Latuconsina dan pimpinan OPD terkait lainnya. (S-36)