PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Moh. Yasin Paya­po meminta kepada se­luruh lapisan mas­ya­rakat  untuk bersama de­­ngan pemerintah mem­bangun bumi Bumi Saka Mese Nusa.

Selain itu juga dirinya ber­harap masyarakat bergande­ngan tangan menjaga persa­tuan orang basudara karena itu akan menjadi moti­vasi dan penyemangat bagi pemba­ngunan di daerah ini.

Penegasan ini di­sam­paikan bupati SBB dalam pidatonya pada Paripurna Istimewa da­lam rangka mempe­ri­ngati HUT Kabupaten SBB ke 17 di ruang si­dang DPRD, Kamis (7/1).

Dikatakan, peringatan HUT Kabupaten SBB yang dilak­sanakan se­tiap 7 Januari me­ru­pakan peristiwa yang ber­sejarah dan ber­makna, untuk itu mas­yarakat SBB.

“Saya harus berte­rima kasih dan mem­berikan penghargaan atas jasa para tokoh dan pen­diri yang telah memper­juang­kan ter­bentuknya daerah oto­nom ini,” ujar bupati.

Baca Juga: Kapolda: Ketertiban Lalulintas di Ambon Perlu Dibenahi

Memasuki empat tahun ke­pemimpinan­nya, dirinya me­ngakui telah menata kabupa­ten ini ke arah yang lebih baik yang bertu­juan untuk memaju­kan daerah ini kedepan demi kesejahtraan mas­yarakat yang adil, makmur dan ber­martabat.

“Saya juga taruh harapan besar kepada DPRD dalam menaruh visi dan misi milanial rencana pembagunan jangka panjang dalam semua bidang demi kesejahtraan masyara­kat,” ucap bupati.

Menurutnya, di usia ke 17, tentu­nya akan muncul berba­gai peru­bahan-perubahan da­lam aspek fisik dan prilaku kehidupan, baik kondisi sosial budaya, ekonomi, politik serta keamanan dan ke­tertiban. Bahkan mudah sekali muncul berbagai kesenjangan dan kerawanan sosial.

“Untuk itu saya ajak katong sa­mua dengan nurani kita masing-masing, sama-sama untuk terus gotong royong dan kalesang mem­benahi par kase bae Bumi Saka Mese Nusa yang katong sayangi, agar leluhur dapat tersenyum dan doa katong semua disambut Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wataala,” ujarnya.

Walaupun dalam kondisi pan­demi Covid-19, lanjutnya banyak pembangunan infrastruktur, ban­tuan budiya perikanan, bantuan sosial serta sebagainya bisa berjalan dengan baik demi kese­jahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD, Abdul Rasyid Lisaholith mengatakan memasuki usia ke 17, pemkab telah berupaya melakukan pembangunan disegala bidang, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Payapo dan Akerina selaku bupati dan wabup, salah satunya kesediaan sarana prasarana yang semakin mening­kat, baik jalan, jembatan, maupun sarana pendidikan, kesehatan, perhubungan dan sebagainya yang sampai saat ini sudah mam­pu membuka ketersolasian seba­gian besar wilayah di SBB.

“Pada momentum ini, saya atas nama DPRD mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang, perintis, dan pendiri kabupaten ini yang telah berikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan,” ujarnya.

Untuk itu, Lisaholith mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjadikan HUT kabupaten tahun ini sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang akan dilakukan, demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Kedepan masih diperhadapkan dengan tantangan yang semakin berat yang ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam berbagai bi­dang kehidupan, serta penyesu­aian dan perjuangan untuk mem­peroleh perhatian dan perlakuan yang serius dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

“Untuk itu, lewat momentum peri­ngatan HUT ke-17 ini, pemkab membutuhkan dukungan dari semua masyarakat untuk saling bahu membahu membagun daerah ini kedepan yang lebih baik lagi,” harapnya. (S-48)