MASOHI, Siwalimanews – Sebanyak 214 pejabat penyetaraan administrasi ke jabatan fungsional di Lingkungan Pemkab Maluku Tengah dilantik, Rabu (5/1).

Pelantikan ratusan pejabat itu, dilakukan oleh Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleury, yang berlangsung di Baileo Soekarno, merupakan kebijakan pemkab untuk menciptakan birokrasi yang lebih profesional, dinamis dan juga responsif. Hal tersebut sejalan dengan ketentuan Permenpan RB Nomor 17 tahun 2021, tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional dan Surat Mendagri Nomor, 800/8577/0TDA tertanggal 27 Desember 2021, tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan pemkab di Provinsi Maluku.

Wabup dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ini dilaksanakan sebagai langkah peningkatan efektivitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

Ia berharap, pejabat fungsional dapat menyesuaikan dan meningkatkan keahlian dan kompetensi diri, sesuai dengan jabatan fungsionalnya masing-masing.

“Transformasi jabatan administrasi dengan memperkuat formasi jabatan fungsional, sangat diharapkan dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas birokrasi yang lebih dinamis, pada struktur organisasi di Pemkab Malteng,” Harap Wabup.

Baca Juga: Ismawan Pamit, Tampubolon Janji Lanjutkan Program Kerja

Sejalan dengan itu kata Wabup, perlu dipahami terutama para pejabat fungsional, bahwa penyetaraan jabatan ini masih merupakan langkah awal, karena selanjutnya banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan setiap instansi pemerintah dalam penerapan penyederhanaan birokrasi.

Sementara kepada pemangku jabatan fungsional, yang memiliki high performance dan high commitment untuk mempelajari pengetahuan baru sesuai dengan jabatan fungsional yang diikuti, termasuk peluang dalam mengembangkan gagasan atau ide kreatif lebih luas.

“Melalui penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional, dapat mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik lagi serta mempelajari pengetahuan baru sesuai dengan jabatan fungsional yang diikuti, termasuk peluang dalam mengembangkan gagasan atau ide kreatif lebih luas,” harap Wabup. (S-36)