AMBON, Siwalimanews – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach meminta agar kepala desa mengutamakan pelayananan publik kepada masyarakat.

Penegasan ini disampaikan bupati ketika melantik dan mengambil sumpah delapan kades terpilih dalam pemilihan kepala desa serentak di Gedung Serbaguna, Kecamatan  Babar  Timur, kemarin.

Dalam sambutannya bupati menyampaikan, otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan me­nyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah.

“Pemerintah daerah juga berke­wajiban untuk mendorong terse­leng­garanya otonomi desa maka dibutuhkan kepemimpinan kepala desa yang mumpuni, yang mema­hami kebutuhan desa serta masya­rakatnya,” ujar bupati.

Bupati juga berpesan agar para kepala desa yang dilantik dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas.

Baca Juga: Festival Durian Jadi Agenda Musiman

Lanjutnya sebagai unsur peme­rin­tahan desa, kades dan BPD merupakan mitra,  sehingga diharap­kan harus dapat membangun komu­nikasi yang harmonis dengan BPD.

“Saya berharap agar kiranya saudara-saudara mampu mengg­alak­kan upaya pemberdayaan selu­ruh komponen yang ada baik ke­lembagaan maupun warga masya­rakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwu­judnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka menciptakan Maluku Barat Daya yang sejahtera, “ tegas bupati.

Seperti diketahui, mereka yang dilantik yakni Selkius Lakburlawal se­bagai kades Letwurung, Lexikard M. Ora­plean sebagai kades Kokwari, Hek­tor Heremku sebagai kades Wakpapapi. Selanjutnya Yeremias J. Eirumkuy sebagai kades Ahanari, Frits Oraile sebagai kades Analutur, Pelipus Onaola sebagai kades Manuweri, Ekman Latusuay sebagai kades Tutuwawang dan Johand. Herluly kades Emplawas. (S-09)