BUPATI Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th. Noach, menghadiri launching Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya, di Balai Desa Wakarleli, Rabu (29/6).

Program DP3  adalah program unggulan yang telah dicanangkan oleh KPU RI untuk membentuk Kader Pemilu dan Pemilihan yang menjangkau sampai ke tingkat desa dan kelurahan di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan partisipasi masyarakat luas dan juga dukungan Pemerintah Daerah.

Dalam laporannya Ketua KPUD MBD, Kristiaan L. Talupoor mengatakan, dipilihnya Desa Wakarleli Kecamatan Pulau Moa sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan karena Desa Wakarleli merupakan desa dengan jumlah pemilih yang sangat tinggi. Sesuai data pada pemilihan terakhir partisipasi masyarakat sekitar 93%. Disamping itu juga Ketua KPUD mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dana  sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan. Dengan harapan kegiatan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini dapat dilaksanakan di desa-desa yang lain yang memiliki tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, pemerintah daerah dalam menjalankan tugas-tugasnya selalu mengedepankan kerjasama yang harmonis dengan berbagai lembaga Pemerintah baik struktural maupun fungsional dalam kaitan dengan berbagai kebijakan dan strategi serta program untuk memberdayakan masyarakat di berbagai bidang.

“Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang digagas KPU merupakan program sinergitas antara Pemerintah dengan lembaga-lembaga struktural dan fungsional termasuk KPUD MBD. Program ini penting karena membantu pemerin­tah untuk turut mensosialisasikan pengetahuan dan pemahaman  ten­tang pemilu dan pemilihan dengan jalan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Jika masyarakat sudah memahami fungsi dan peran­nya pada setiap moment politik, maka akan medorong peningkatan partisipasi dan kesadaran berpolitik bagi masyarakat dari waktu ke waktu,” jelas Bupati.

Baca Juga: Indey Pastikan RKPDesa dan APBDesa Sesuai RPJM Desa

Lebih lanjut kata Bupati, program ini merupakan penghargaan bagi pemerintah dan masyarakat kerena sangat terkait dengan program pem­binaan politik berwawasan kebang­saan bagi masyarakat yang pada gili­rannya dapat meningkatkan parti­sipasi aktif masyarakat dalam kegiat­an pembangunan yang sementara gencar dilaksanakan saat ini.

“Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini karena diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan seluruh masyarakat MBD terutama dalam kesiapan menyambut pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1511 Pulau Moa, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten MBD, Perwakilan Polres MBD, Perwakilan Kajari MBD, Ketua dan Anggota Bawaslu, Pimpinan OPD terkait, Sekretaris TP. PKK Kabupaten MBD, Kepala Desa berserta staf Desa Wakarleli dan 20 orang peserta kegiatan. (S-08)