AMBON, Siwalimanews – Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, bersama forkopimda mengikuti Rapat Koordinasi Nasional  Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 yang dibuka Presiden Joko Widodo di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat,Selasa, (17/1).

Hadir menemani bupati, ada Ketua DPRD Petrus A. Tunay, Kajari B. Rudy Hartoko, Kapolres AKBP Pulung Wietono dan Dandim 1511 Pulau MoaLetkol Inf. Galih Perkasa.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan seluruh kepala daerah dan anggota forkopimda harus memperkuat pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi

Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi terhadap kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia  mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

Baca Juga: Hari Kerja ASN Malteng Diperpendek

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,” ungkap Presiden

Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kata Presiden, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

Presiden, Joko Widodo kepada Kepala Daerah dan Forkopimda, juga mengarahkan prioritas kerja tahun 2023 antara lain, pertama, kendalikan inflasi dan pantau langsung di lapangan serta hati-hati dalam mengatur tarif. Kedua, turunkan target kemiskinan ekstrem sesuai target nasional yang telah ditentukan.

Ketiga, fokus turunkan stunting. Keempat, perhatikan investasi dan jangan ada izin yang berbulan-bulan. Kelima, pastikan APBD dibelanjakan untuk produk buatan dalam negeri.

Keenam, kabupaten kota harus mendesain kotanya dengan baik sehingga memiliki diferensiasi dan  memaksimalkan potensi daerah. Ketujuh, jaga stabilitas politik dan keamanan menuju pada pemilu 2024, serta kedela­pan, menjamin kebebasan bera­-gama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan.

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 ini meng­usung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi” dan dihadiri oleh 4.545 peserta yang terdiri dari jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia serta jajaran TNI/Polri yang berlangsung dalam empat panel.

Panel I membahas mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. Panel II dengan bahasan penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan berusaha.

Panel III membahas mengenai penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, dan Panel IV dengan baha­-san stabilitas politik, hukum, peng­-amanan, dan pengawasan.(S-09)