BUPATI Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th. Noach, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Pulau Letti, Rabu (17/11).

Turut serta dalam kunjungan kerja tersebut, Wakil Bupati, Agustinus L. Kilikily, dan sejumlah pimpinan OPD terkait Lingkup Pemda Kabupaten MBD.

Agenda kunjungan kerja adalah bertatap muka secara langsung dengan pemerintah desa dan masyarakat pada masing-masing desa se-Kecamatan Pulau Letti.

Dalam arahannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ada di Pulau Letti atas dukungan politik kepada Beliau dan Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si sehingga telah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan 2021-2026 pada bulan April yang lalu.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa untuk menciptakan Maluku Barat Daya yang maju dan sejahtera, sangat diperlukan adanya dukungan data yang akurat dan up to date.

Baca Juga: Sambangi DPR RI, Komisi I Bahas Masalah Lahan

“Pemerintah Daerah akan melakukan launching Aplikasi MBD Satu Data, dimana aplikasi tersebut akan memuat berbagai data dasar dan sektoral yang berbasis pada data masing-masing desa diantaranya jumlah penduduk serta potensi yang dimiliki oleh satu desa serta bantuan yang telah diterima oleh tiap penduduk,” ujarnya.

Dikatakan, program ini dilakukan agar pembangunan di Kabupaten Maluku Barat Daya ini tepat sasaran. Di samping itu juga Pemerintah Daerah sementara menyiapkan aplikasi lain yang akan dipakai dalam menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik diantaranya aplikasi e-SPPD dan aplikasi e-officee.

“Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja aparatur dan mengefisiensikan anggaran OPD, sehingga dapat digunakan untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Selain itu, kata bupati, dalam menunjang aplikasi MBD Satu Data ini akan dibutuhkan tenaga atau operator yang akan bertugas dalam pengelolaan data-data tersebut, sehingga akan dilakukan seleksi agar nanti program ini dapat dikelola dengan baik. Di samping itu dalam masing-masing desa akan mengelola website yang akan terintegrasi dengan Aplikasi MBD Satu Data.

Bupati juga mengharapkan tiap desa untuk dapat mengelola Bumdes sebagai upaya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa. Dikatakan, Bumdes haruslah dapat membawa keuntungan dari modal awal yang dikelola tersebut bukan mengeluarkan uang tanpa mendatangkan hasil atau keuntungan.

“Oleh karena itu pengelolaan Bumdes haruslah baik dan terarah serta transparan. Semua kegiatan Bumdes haruslah dibicarakan dengan perangkat desa dan masyarakat lewat Musrenbang ditingkat desa” kata Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh daerah, untuk lebih berhati-hati, jangan bersenang-senang, tetap menerapkan protokol kesehatan dan untuk yang melakukan perjalanan dari luar daerah agar  untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas bersama masyarakat yang lain.

Dalam kunjungan ini Bupati dan Wakil Bupati melakukan dialog dengan masyarakat untuk mendengar secara langsung pendapat serta kebutuhan masyarakat di Pulau Letti dalam membangun kebupaten ini ke depan. Bupati dan Rombongan melakukan kunjungan langsung ke-7 desa yang ada di kecamatan tersebut. (*)