AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 8 personil Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gagana Brimob Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa II, kembali melakukan sterilisasi sejumlah wilayah di Kecamatan Nusaniwe, Senin (3/8).

Sterilisasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan ini dilakukan di sejumlah lokasi dikarenakan, Kecamatan Nusaniwe sampai dengan saat ini masih masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur mengatakan, aksi penyemprtotan ini guna memutus mata rantai penyebaran virus yang mungkin menempel baik itu di kendaraan, pengguna jalan dan pada areal yang dilakukan penyemprotan.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai instruksi pemerintah dan kapolri kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Hari ini kami lakukan penyemprotan cairan disinfektan, ini juga sebagai bentuk kepedulian Bhakti Brimob untuk Indonesia dalam memerangi dan mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayah hukum Polda Maluku, dimana kita semua tahu warga yang terinveksi virus ini di Kota Ambon terus meningkat,” ucap Dansat.

Baca Juga: Patroli Sambang Kamtibmas, Wujud Bhakti Brimob

Tak hanya penyemprotan kata dia, himbauan tentang mentaati protokol kesehatan juga disampaikan kepada masyarakat seperti selalu memakai masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jaga jarak dengan orang lain, serta menjauhi kerumunan orang.

Sementara itu, Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang yang memimpin aksi itu menambahkan, aksi sterilisasi ini setiap hari dilakukan oleh personil Subden KBR Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku dengan penyemprotan cairan disinfektan yang beryujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Adapun sasaran penyemprotan yang dilakukan hari ini diantaranya, semua pangkalan ojek di Kecamatan Nusaniwe, swalayan/mini marker, RSUD Dr M Haulussy, lorong PMI, lapak dan pertokoan dan pemukiman di kawasan Kudamati, Puskesmas Benteng, sepanjang jalan Nona Sar Sopacua. Besok kita juga akan lanjutkan lagi penyemprotan cairan disinfektan, namun dengan tempat atau lokasi yang berbeda,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya penyemprotan cairan disinfektan ini dapat mengantisipasi atau meminimalisir penyebaran virus Corona di wilayah hukum Polda Maluku, Khususnya Kota Ambon.(S-45)