AMBON, Siwalimanews – Satuan Brimob Pilda Maluku terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Kota Ambon dan Maluku umumnya.

Bahkan setelah diketahui sebanyak 18 tenaga medis di RSUD dr Ishak Umarella Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah positif terpapar Covid-19 dan rumah sakit tersebut ditutup sementara untuk pelayanan umum, Satuan Brimob Polda Maluku langsung turun tangan untuk mensterilkan rumah sakit tersebut.

Selain RSUD dr Ishak Umarella yang disterilkan dengan cairan disinfektan, seluruh Desa Tulehu juga disterilkan dengan cairan tersebut. Penyemprotan cairan disinfektan di Desa Tulehu dan RSUD yang melibatkan 10 personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif)  Detasemen Gegana Satbrimoda Maluku dibawa pimpinan Ipda A. Manullang

Penyemprtoan disinfektan pada RSUD Tulehu ini dilakukan pada seluruh ruangan, dan lingkungan rumah sakit tersebut termasuk dengan seluruh mobil ambulance maupun maupun dinas dan pribadi yang dipakai oleh pegawai dan perawat di rumah sakit ini.

“Kita tadi sterilkan RSUD dr Ishak Umarella sebagai upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Selain RSUD kita juga lakukan penyemprotan di selurh Desa Tulehu,” ungkap Ipda A Manullang, Jumat (12/6) usai penyemprotan tersebut.

Baca Juga: Gustu KKT Minta Pemprov Klarifikasi Data Pasien Positif Covid-19

Penyemprotan disinfektan ini selain di RSUD dr Ishak Umarella juga dilakukan di lingkungan Desa Tulehu yang dimulai dari pasar, pemukiman warga di Dusun Kampung Baru, Dusun Pahlawan, Dusun Kampung Lama, Dusun Mamokeng, Dusun Hurnala, Dusun Pohon Mangga, Dusun Kampung Tengah serta fasilitas umum yang terdapat di desa tersebut.

Selain penyemprotan, personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif)  Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku juga memberikan sosialisasi tentang penerapan PSBB serta protokol kesehatan yang harus diikuti warga yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Maluku Komisaris Besar Polisi M Guntur menambahkan, penyemprotan cairan desinfektan ini tetap dilakukan setiap hari.

“Kali ini kita lakukan dan pusatkan penyemprotan di kawasan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah yang menjadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan,” ujar Dansat.

Tujuan dilakukannya penyemprotan disinfektan setiap hari oleh Satuan Brimob Polda Maluku untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, mengingat beberapa waktu lalu perawat RSUD dr Ishak Umarella sudah ada yang positif di daerah.

“Dengan demikian tidak menutup kemungkinan virus ini telah menyebar di lingkungan warga Desa Tulehu dan sekitarnya,” ungkap Dansat.

Penyemprotan ini sebelumnya telah dilakukan pada rumah-rumah warga pada 4 Juni lalu, namun hari ini Jumat (12/6) kembali dilakukan. Penyemprotan akan terus dilakukan, namun lokasinya akan disesuaikan.

Penyemprotan disinfektan di Desa Tulehu serta RSUD dr Ishak Umarella oleh Satuan Brimob Polda Maluku ini mendapat respon positif dari warga

“Kita sebagai warga Desa Tulehu sangat berterima kasih kepada personil Brimob Polda Maluku dan berharap penyemprotan yang dilakukan ini bisa meminimalisir korban Covid-19 di Wilayah Maluku khususnya Di Desa Tulehu,” ungkap Ahmad salah satu warga Desa Tulehu. (S-45)