AMBON, Siwalimanews – Semakin bertambahnya pasien yang terjangkit virus corona  di wilayah Kota Ambon membuat Brimob Polda Maluku semakin gencar melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan guna memutus mata rantai Covid-19 di wilayah hukum Polda Maluku.

11 personil Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll yang dipimpin Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah lokasi karantina pasien Covid-19 di Kota Ambon, Rabu (8/7).

Sejumlah lokasi karantina yang menjadi sasaran penyemprotan kali ini diantaranya BPSDM,  LPMP, Balai Pelatihan Perikanan dan Balai Pertanian. Penyemprotan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran corona yang telah merajalela di Kota Ambon.

Adapun yang menjadi sasaran dalam penyemprotan di lokasi karantina meliputi barang atau benda yang terdapat di sekitaran lingkungan karantina serta fasilitas lainnya dikarenakan virus atau bakteri maupun mikroorganisme berbahaya ini biasanya menempel pada benda tersebut.

“Subden KBR hari ini kembali menyemprotkan cairan desinfektan pada lokasi-lokasi yang menjadi tenmpat isolasi atau karantina dari pasien Covid-19 di Wilayah Kota Ambon,” ungkap Dansat Brimob Polda Maluku Kombes Pol M Guntur dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (8/7).

Baca Juga: Bakamla Siap Bantu Distribusi Logistik Covid ke Pulau Terluar

Menurutnya, penyemprotan desinfektan ini semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang sekarang mewabah hampir diseluruh wilayah Provinsi Maluku, bahkan semakin bertambahnya pasien positif di Kota Ambon.

“Penyemprotan kami lakukan di setiap gedung yang menjadi tempat isolasi pasien dan seluruh ruangan yang menjadi tempat dirawatnya pasien Covid-19 tak luput dari penyemprotan serta sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai covid-19 dan mencegah serta menekan penyebaran virus tersebut atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona yang sekarang sedang merajalela di Kota Ambon,” ujar Dansat.

Usai dari lokasi karantina tambah Dansat, personil KBR juga melakukan penyemprotan pada, beberapa ruang publik di sekitar lokasi karantina seperti di pangkalan ojek, mini market serta pemukiman penduduk di Desa Poka dan Waiyame.

Selesai melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, personil KBR kemudian melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh virus pada baju APD mereka, selanjutnya mereka kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku.(S-21)