AMBON, Siwalimanews – Ditengah situasi dan kondisi masyarakat Kota Ambon yang serba dilematis karena mewabahnya Pandemic Covid-19 akhir-akhir ini mengakibatkan bertambahnya jumlah penderita terpapar virus berbahaya tersebut, mendorong masyarakat yang miliki latar belakang ekonomi pas-pasan tetap melakukan aktifitasnya untuk mencari nafkah walaupun dengan resiko akan terpapar.

Untuk dan mendukung kebijakan pemerintah dalam memberlakukan PSBB menuju new normal untuk wilayah Kota Ambon dan sekitarnya membangkitkan kepedulian personil Satuan Brimob Polda Maluku dalam hal ini  Kompi 4 Batalyon A Pelopor untuk melakukan aksi ‘Brimob Peduli Kesehatan Masyarakat’ dengan membagi-bagikan masker kain secara gratis kepada Masyarakat yang beraktivitas di sepanjang Pasar Mardika, Kamis (18/6)

Komandan Kompi 4 Iptu W. Sapsuha mengungkapkan, kegiatan bagi-bagi masker dilakukan sebagai wujud kepedulian Brimob atas kondisi kesehatan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satbrimobda Maluku Kompi 4 Batalyon A Pelopor kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Apalagi saat ini akan diberlakukan PSBB menuju new normal untuk wilayah Kota Ambon dan sekitarnya sehingga ada sebagian masyarakat yang kesulitan mendapatkan masker,” ujar Sapsuha

Dikatakan, masker dipilih karena kemampuannya melindungi pemakai dari partikel-partikel maupun virus berbahaya di tempat terbuka.

Baca Juga: Besok, Walikota Tandatangani Perwali PSBB

“Pemakaian masker merupakan salah satu upaya memproteksi diri atau upaya pencegahan terhadap sejumlah penyakit,” jelasnya.

Menurutnya, masker yang dibagikan kepada masyarakat, katanya, merupakan hasil pengumpulan secara swadaya dari anggota Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor yang diberikan secara ikhlas dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan mereka

Aksi bagi-bagi masker ini juga sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat, kalau mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

“Aksi ini sekaligus mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya mencegah penyakit. Tentunya bukan hanya dengan mengenakan masker, namun dengan menerapkan hidup sehat,” tutupnya.

Semprot Disinfektan

Sebelumnya juga pada Rabu (17/6) Brimobda Maluku melalui personil Kimia, Biologi dan Radioaktif (KBR) dibawah pimpinan Ipda A Mnaullang juga melakukan penyemprotan disinfektan disjeumlah pemukiman penduduk demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Penyemprotan disinfektan yang kita lakukan pada Rabu (17/6) sekaligus juga kita sampaikan himbauan kepada masyarakat agar selalu hidup sehat serta mengkuti anjuran pemerintah dengan mengenakan masker saat keluar rumah tetap jaga jarak/hindari kerumunan dan selalu cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” ungkap Pasie Ops Detasemen Gegana Ipda A. Manullang.

Penyemprotan disinfektan kali ini dilakukan pada pemukiman penduduk di Batu Gajah, Skip, Belakang Soya, Tanah Tinggi, Ruko Batu Merah dan RS Bhyangkara.(S-45)