AMBON, Siwalimanews – Menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX oleh Presiden RI Joko Widodo, aparat Brimob Maluku yang di BKO ke Polda Papua menggelar patroli berskala besar, Sabtu (2/10).

Patroli yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta memastikan penyelenggaraan PON berjalan Aman dan kondusif. Patroli kamtibmas melibatkan 40 personel Brimob Maluku yang dipimpin Komandan Kompi 2 penugasan, Iptu W Matulessy.

Patroli dilakukan dengan mengerahkan kendaraan roda dua dari Polsek Kota Sentani menyusuri sejumlah ruas jalan menuju stadion Lukas Enembe, Talaga Ria, Kali Kote, dapur umum dan kemudian kembali  ke Mako Polsek Sentani Kota.

Komandan Batalyon penugasan AKP Denny Sandera menjelaskan, kegiatan patroli skala besar hari ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai macam gangguan kejahatan menjelang pembukaan PON XX Papua, sore nanti.

“Patroli juga dilakukan untuk antisipasi gangguan dari kelompok-kelompok yang ingin menggagalkan pelaksanaan  PON, apalagi sebentar kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ucap Denny.

Baca Juga: 48 Personel Polda Maluku Ikut Pelatihan Ketrampilan

Patroli yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIT itu akan kembali dilanjutkan hingga malam hari.

“Kami menggelar kegiatan cipta kondisi, secara menyeluruh, di Kabupaten Jayapura terkhusunya di Kota Sentani dan sekitarnya,” sebutnya.

Patroli kamtibmas ini, tambahnnya, juga dilaksanakan untuk cipta kondisi memberikan jaminan keamanan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kontingen PON dari seluruh wilayah Indonesia.

“Kami akan bekerja extra bersama seluruh unsur terkait yang ada, untuk sama-sama memberikan rasa aman kepada para atlet dan seluruh warga masyarakat yang akan menonton pertandingan, dimulai dari sebentar pembukaan sampai dengan penutupan yang direncanakan tanggal 15 Oktober nanti,” pungkasnya. (S-45)