AMBON, Siwalimanews – Brimob Maluku menggelar apel siaga search and rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Maluku, Rabu (24/2).

Apel yang dipusatkan di lapangan CH Tahapary dipimpin Danyon A Satbrimob Polda Maluku Kompol Alex Tobing didampingi Wadanden Gegana AKP Denny Sandera itu, diikuti  sebanyak 250 personel yang berasal dari Batalyon A dan Detasemen Gegana.

Kegiatan apel ini merupakan tindaklanjut dari petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri terkait apel kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri, sebagai salah satu bentuk kesiapan menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas.

Dansat Brimob Maluku Kombes M Guntur melalui Danyon A Kompol Alex Tobing menjelaskan, apel tersebut dalam rangka kesiapsiagaan bencana di wilayah hukum Polda Maluku.

Baca Juga: Lima Sungai Besar di Ambon akan Dipasang Jaring Pengaman Sampah

“Apel pengecekan personel dan kendaraan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel Brimob Maluku guna menghadapi situasi kontijensi, terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Maluku dan mendukung progam zona integritas. Sehingga ketika dalam keadaan darurat, kita siap bergerak dengan peralatan dan kendaraan dinas yang kita miliki,” ujar Kompol Tobing.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan, serta penyampaian informasi dari pimpinan kepada anggota.

“Kami dari Brimob Maluku sudah siapkan personel, jika daerah dalam siaga bencana dan berkordinasi dengan stakeholder lainnya untuk menghadapi situasi kontijensi di wilayah hukum Polda Maluku,” tutup Kompol Tobing.(S-45)