Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, satuan elit Brigade Mobil (Brimob) Polri menjadi garda terdepan memerangi virus mematikan itu. Di Maluku, Satuan Brimob tidak henti-hentinya melakukan berbagai aktivitas kemanusiaan untuk memerangi Covid-19.

Peran aktif Brimob yang bergerak cepat mendukung penanganan dampak pandemi Covid-19 melalui  berbagai kegiatan kemanusiaan patut diacungi jempol. Misalnya, penyemprotan disinfektan dengan mobil meriam air secara masal, dapur lapangan TNI-Polri, pemberian bantuan sosial, imbauan dan pendisiplinan protokol kesehatan serta kegiatan lainnya.

Dari zaman pra kemerdekaan sampai pasca reformasi saat ini, Korps Brimob yang dulu pernah memiliki Resimen Pelopor senatiasa menjadi pasukan  yang setia dan dapat diandalkan Kepolisian Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas berintegritas tinggi.

Satuan Brimob Polda Maluku turut mengambil peran itu di 11 kabupaten dan kota.   Dibawah kepemimpinan Dansat, Kombes Pol Guntur, peran satuan ini tidak main-main. Keseriusan dan totalitas di tengah masyarakat dapat dibuktikan dengan tak hentinya menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Himbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan 4M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan terus ditingkatkan.

Baca Juga: Butuh Keseriusan Polisi

Kekuatan lainnya, Satuan Brimob Polda Maluku juga mengerahkan peralatan dan kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Hampir setiap harinya, Brimob Polda Maluku melakukan penyemprotan.

Personel tersebar di berbagai tempat, baik kerumunan, fasilitas publik maupun di  rumah-rumah penduduk.

Dalam penyemprotan disinfektan massal ini, Brimob menggunakan dua metode penyemprotan yaitu penyemprotan dengan menggunakan alat semprot portable yang dibuat khusus dengan menggunakan tandon air dan meain pompa serta menggunakan Armoured Water Canon (AWC).

Selain itu, tampak pasukan bersenjata lengkap dengan mengendarai sepeda motor yang memberikan himbauan dan arahan kepada seluruh masyarakat terkait kegiatan penyemprotan disinfektan ini.

Dan untuk sasaran dari penyemprotan disinfektan massal ini antara lain pada lokasi padat penduduk dan tempat umum yang sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat yaitu rumah rumah warga, rumah ibadah seperti Masjid dan Gereja serta beberapa panti asuhan.

Semua ini merupakan wujud bhakti Brimob untuk masyarakat yang merupakan perintah langsung dari Dansat Brimob, Kombes Pol Guntur untuk menekan angka penyebaran Covid -19 di Maluku.

Kita berharap, dengan semboyang “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan” pengabdian setiap personel Brimob Kepolisian Indonesia sebagai Bhayangkara sejati menjadi bagian dari catatan sejarah institusi bangsa dan negara Indonesia.

Untuk Satuan Brimob Polda Maluku, tetap berkarya membantu masyarakat di bumi raja-raja ini dengan program-program briliannya, demi kesejahteraan masyarakat Maluku tercinta. (**)