AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis kembali melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan perwira tinggi dan perwira menengah, Jumat(1/5).

Mutasi dan rotasi ratusan perwira tinngi dan perwira menengah ini tertuang dalam dua Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis tertanggal 1 Mei 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Dua Surat telegram tersebut masing-masing bernomor : ST/1377/V/Kep/2020 dan Nomor: ST/ 378/V/Kep/2020.

Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1377/V/Kep/2020 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono itu, terdapat nama Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono yang diberikan kepercayaan oleh kapolri untuk menjadi Kapolda Bengkulu, sementara penggantinya adalah Putra Maluku, Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes yang sebelumnya menjabat sebagai penyidik tindak pidana  utama Bareskrim Polri.

Selain itu, Brigjen Jan de Fretesjuga terdapat juga Putra Maluku lainnya yakni, Brigjen Marthinus Hukom yang sebelumnya menjabat sebagai Wakadensus 88 Polri diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kadensus 88 Polri

Sementara dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1378/V/2020 terdapat dua nama  mantan Kapolda Maluku, keduanya masing-masing Irjen Pol Andhap Budhi Reviyanto dan Irjen Pol Salahudin.

Baca Juga: Lapas Dobo Peringati HBP Melalui Video Conference

Brigjen Pol Andhap Budhi Reviyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kepri diangkat dalam jabatan barunya sebagai Pati Bareskrim Polri yang disiapkan untuk penugasan pada Kemenkumham RI.

Sementara Irjen Pol Ilham Salahudin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah diangkat dalam jabatan barunya sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (1/5) membenarkan adanya surat telegram Kapolri tersebut.

“Benar ada syrat teregram Kapolri soal pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan baru di lingkup Polri, dimana didalamnya terdapat nama Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes yang akan menjabat sebagai Wakapolda Maluku sedangkan pak Wakapolda Brigjen Pol Teguh Sarwono akan tempati jabatan baru sebagai Kapolda Bengkulu,” ungkap Kabid.

Seementara kapan dilakukan sertijab kata Kabid, untuk waktu dan pelaksanaan serah terima jabatan ini, belum diketahui pasti, namun sertijabnya akan dilaksanakan di Mabes Polri. (S-32)