AMBON, Siwalimanews – Brigjen Jan Leonard de Fretes resmi menjabat sebagai Wakapolda Maluku menggantikan pejabat lama Brigjen Teguh Sarwono yang dipromoasikan sebagai Kapolda Bengkulu.

Pelantikan Brigjen Jan Leonrad de Fretes sebagai Wakapolda Maluku dilakukan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol, Baharudin Djafar di ruang Rupatama Polda Maluku Senin (11/5), berdasarkan STR Kapolri Nomor: ST/ 1377/V/Kep/2020 tertanggal 8 Mei.

Brigjen Jan Leonard de Fretes sendiri sebelumnya menjabat sebagai penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri.

Kapolda Maluku kepada wartawan usai pelantikan, mengapresiasi bergabungnya, Brigjen de Fretes sebagai Wakapolda Maluku yang notabanennya putra asli daerah.

Menurutnya dengan jam terbang dan pengalaman yang dimiliki, dapat dimplementasikan untuk mengatasi masalah di Maluku.

“Wakapolda adalah putra daerah tentu dia banyak tahu tentang masyarakat Maluku, dan Saya yakin  dengan pengalaman yang dimiliki, profesionalisme akan ditonjolkan, apalagi latar belakang reserse yang dimilikinya,  tentu cara mengatasi masalah akan lebih baik,” ujar kapolda.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini berharap kehadiran ditengah pandemic Covid-19, wakapolda selaku anak daerah dapat membantu Polda Maluku dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat yang terdampak Covid-19, terutama dari segi pengawasan.

“Banyak bantuan dari pusat yang diterima masyarakat saat ini, mulai dari PKH , tarif listrik, kartu prakerja, kartu sembako, program BLT, dana desa dan lain sebagainya, ini harus diawasi dengan tujuan agar tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” ujarnya.

Pasanya, tambah kapoda, saat ini masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah lewat bantuan-bantuan tersebut. Informasi dilapangan, saat ini masih ada masyarakat penerima bantuan yang datanya masih diverifikasi.

“Untuk itu perlu diawasi dengan benar tahapan demi tahapannya,” ucap kapolda. (S-45)