AMBON, Siwalimanews – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengoperasikan 10 unit Mobil Masker di Kota Ambon sebagai upaya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di Kota Ambon di tengah pandemi Covid-19.

Mobil-mobil masker ini dilepas oleh Kepala BNPB Ganip Warsito saat meluncurkan Gerakan Mobil Masker di Kompleks Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Rabu (20/10).

Dalam kegiatan ini Kepala BNPB  didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail, serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Mobil masekr  itu akan beroperasi membagikan lebih dari 50 ribu masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan kepada masyarakat di Kota Ambon.

Dalam kegiatan ini, Warsito juga menghibahkan satu unit mobil resque kepada Pemerintah Provinsi Maluku.

Baca Juga: Walikota: Ambil Pensiun Harus Pakai Kartu Vaksin

Warsito mengatakan, pelepasan Mobil Masker bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan [prokes] kepada masyarakat, dan juga melakukan mitigasi terhadap kemungkinan akan menghadapi Covid-19 selanjutnya.

“Atas dukungan dan arahan dari Kakanda Gubernur Maluku Murad Ismail, hari ini kita melakukan tiga agenda besar hari ini, salah satunya adalah launching (Pelepasan) Mobil Masker untuk masyarakat,” katanya.

Ia berharap, penyerahan Mobil Masker ini, bisa menjadi salah satu cara dalam mencegah kemungkinan terjadinya gelombang ketiga pada saat hari raya Natal dan Tahun Baru.

“Insya Allah dengan disiplin, kerjasama kita yang kuat, maka kita akan mampu mengendalikan bahkan menghilangkan Covid-19 dari NKRI yang kita cintai,” tandasnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam kesempatan ini juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat , saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BNPB RI dan BPBD Maluku dalam aksi pembagian masker ini,” ucap Gubernur.

Gubernur berharap pembagian masker kepada masyarakat melalui Gerakan Mobil Masker di Provinsi Maluku akan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan prokes di seluruh lapisan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB Warsito bersama Gubernur Maluku juga melakukan penanaman pohon di pekarangan Kampus IAIN Ambon. Secara keseluruhan, terdapat 34 pohon yang ditanam dengan berbagai jenis tumbuhan. Selain pohon Damar, salah satunya adalah pohon Kayu Putih. (S-39)