AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geo­fisikasi (BMKG) Stasiun Meteoro­lo­gi Kelas II Pattimura Ambon meng­himbau seluruh masyarakat Maluku agar waspada cuaca buruk di wila­yah Maluku.

Potensi cuaca buruk ini mulai terjadi dari tanggal 28 Maret hingga 31 Maret 2023 pada sejumlah wila­yah di Maluku.

Kepala BMKG Ambon, Kamari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Selasa (28/3) mengata­kan, berdasarkan hasil analisa kon­disi atmosfer yang dapat memicu terjadinya cuaca signifikan di wi­layah Maluku antara lain, satu gelombang Ekuator (gelombang Kelvin dan Rossby yang aktif di wilayah Maluku.

Dua, menghangatnya suhu muka laut (SPL) di wilayah Maluku berada pada kisaran 29-31 derajat celsius

Tiga, adanya daerah tekanan rendah di sekitar laut Banda dan pertemuan massa udara di wilayah Maluku bagian selatan.

Baca Juga: MBD Kembali Diguncang Gempa 4,1 SR

Empat, labilitas udara yang cukup labil dan kelembapan udara lapisan yang relatif basah.

Dikatakan, beberapa kondisi atmo­sfir tersebut berpengaruh terha­dap proses pembentukan dan pertum­buhan awan-awan hujan secara menyeluruh di wilayah Maluku, yang berpotensi menyebabkan terja­dinya hujan dengan intensitas se­dang hingga lebat dan angin ken­cang selama beberapa hari kedepan.

Karena itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini, waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Aru.

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeoro­logi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang.

Selain itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk selalu memantau perkembangan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG melalui kanal BMKG.(S-05)