BMKG Sebut Gempa Susulan di Maluku Menuju Kestabilan

AMBON,Siwalimanews – Hingga Senin (7/10) atau 12 hari pasca gempa dengan magnitudo 6,8 SR pada Kamis (26/9) lalu, Maluku masih di guncang gempa susulan.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, menyebutkan gempa susulan yang masih terjadi merupakan hal yang normal, hal tersebut menunjukan aktivitas bumi yang memulihkan diri pasca gempa untuk menuju kestabilan.

“Gempa susulan yang terjadi hingga saat ini menunjukan adanya aktivitas bumi jntuk menuju ke arah stabil,”ungkap Staf Humas BMKG Ambon, Andi Azhar kepada Siwalimanews, Senin (7/10).

Menurutnya, gempa yang terjadi hingga saat ini diakibatkan adanya patahan dengan pusat gempa yang berada di kawasan Kairatu kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Sesar di Kairatu tersebut berdampak hingga ke Kota Ambon dan sekitarnya akibat adanya keterkaitan sistem patahan dari pusat gempa.

“Pusat gempa ada di Kairatu, kaitannya dengan gempa di Ambon karena ada patahan yang sama. Artinya masih satu sistim patahan dari pusat gempa,”jelasnya.

Untuk di ketahui, hingga Senin (7/10) gempa susulan yang terjadi di Maluku sudah mencapai angka 1166 kali gempa, dimana 125 diantaranya di rasakan masyarakat. (S-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *