AMBON, Siwalimanews – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau ROB di sejumlah daerah pesisir di Provinsi Maluku.

Berdasarkan rilis BMKG Stasiun Martim Ambon yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (17/1) yang ditandatangani oleh Kepala Satsiun Mateorologi Maritim Ambon Ashar dan Prakirawan Moch Zainuri Damayanto menjelaskan, adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggianpasang air laut yang maksimum.

“Wilayah yang berpotensi dilanda banjir pesisir atau ROB diprediksi terjadi pada rentang waktu tanggal 21 hingga 24 Januari  di sejumlah wilayah di Maluku,” tulis pihak BMKG dalam rilisnya.

Sejumlah daerah yang diprediksi dilanda banjir pesisir atau Rob yakni, pesisir wilayah Seram Bagian Timur, pesisir Selatan Pulau Seram, pesisir Pulau Ambon dan Lease, pesisir Kepulauan Tanimbar, pesisir Kepulauan Kai dan pesisir Kepulauan Aru.

Untuk itu, masyarakat pesisir pantai dihimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir atau Rob yang diprediksi terjadi pada rentang waktu tersebut.

Baca Juga: Kelanjutan Proyek Jembatan Dipul Tunggu Kajian Kementerian PUPR

“masyarakat juga diminta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. (Sumber Informasi Pasang Surut: PUSHIDROSAL),” himbau BMKG dalam rilis tersebut.(S-06)